SETELAH MARSEILLE JALIN KERJASAMA DENGAN KOTA LAIN DI PRANCIS

Minggu, 26 Februari 2023 10:28 WIB

Penulis:Andri

Editor:Andri

A-ARMUJI.jpeg
Armuji saat menerima kunjungan kerja Konselor Kerja Sama untuk Kedutaan Besar Prancis, Stephane Dovert dan Direktur institut Perancis Indonesia (IFI) Sandra Vivier di Balai Kota Surabaya

SURABAYA I halojatim.com - Kersaja sama dengan kota di mancanegara terus dilakukan Pemerintah Kota Surabaya. Salah satunya dengan  Kota Lyon, Prancis dalam hal energi listrik.

"Kami menyambut baik upaya kerja sama itu mengingat Surabaya sebagai kota metropolitan perlu secara bertahap untuk menggunakan energi listrik berdaya rendah dan efisien namun tanpa mengurangi fungsi pencahayaan," kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji dalam keterangan tertulis.

Apalagi, Pemkot Surabaya, katanya,  saat ini memiliki bus listrik, sehingga ke depan secara bertahap sesuai yang digagas Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Bahwa kendaraan dinas akan beralih ke kendaraan listrik untuk alasan efisiensi.

Pernyataan tersebut disampaikan Armuji saat menyambut kunjungan kerja Konselor Kerja Sama untuk Kedutaan Besar Prancis, Stephane Dovert dan Direktur institut Perancis Indonesia (IFI) Sandra Vivier di Balai Kota Surabaya. Pada pertemuan itu, Wawali Armuji juga menyampaikan sejumlah upaya Pemkot Surabaya dalam menghadapi musim hujan yang intensitasnya meningkat dalam dua pekan terakhir.

"Surabaya sebagai kota terbesar di Indonesia, sedang gencar melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan banjir. Dapat dilihat sejumlah titik sudah berkurang tinggi maupun durasi genangan," kata Armuji.

Kota Surabaya, katanya, sejak dipimpin oleh Wali Kota Tri Rismaharini menjalin hubungan baik dengan Perancis melalui kerja sama dengan Kota Marseille yang memiliki karakter yang sama sebagai kota pelabuhan. (*)