Sampai Akhir Desember 2023, Target Investasi IKN Rp45 Triliun

Senin, 27 November 2023 11:57 WIB

Penulis:ifta

WhatsApp-Image-2022-06-22-at-17.26.14.jpeg
Titik Nol Kawasan IKN (Foto: Humas Setkab)

Halojatim.com- Investasi proyek pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) terus digencatkan.

Bahkan otoritas IKN menyebut pada tahun 2023 ini masih akan ada investasi lagi sampai akhir Desember.

Pihak otoritas IKN menargetkan akan ada investasi hingga akhir tahun 2023 mencapai Rp45,5 triliun.

"Nilai investasi ada proyek pembangunan infrastruktur ibu kota negara Indonesia baru sampai akhir 2023 bisa mencapai Rp45,5 triliun," ujar Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono pada Minggu, 26 November 2023 di Penajam.

Menurut Bambang, proyek pembangunan IKN yang berada di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur itu dimulai dengan peletakan batu pertama pada 21-22 September 2023. Nilai investasi mencapai sekitar Rp23 triliun. 

Kemudian tahap kedua dilaksanakan pada 1-2 November 2023 dengan nilai investasi sekitar Rp12,5 triliun. Total nilai investasi untuk tahap pertama dan kedua proyek infrastruktur IKN mencapai sekitar Rp35,5 triliun. Pada tahap ketiga, peletakan batu pertama proyek infrastruktur IKN memiliki nilai investasi sekitar Rp10 triliun.

Proyek ini melibatkan sejumlah instansi termasuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, serta proyek pengembangan hotel dan properti oleh Jambuluwuk Hotels and Resort, The Pakubuwono Development, BSH Group, Indogrosir (milik Grup Salim), Balikpapan Superblock (BSB), dan supermarket hasil kerjasama antara Erajaya Group dan Grand Lucky.

Tahap ketiga juga melibatkan peletakan batu pertama untuk proyek Kebun Raya dan Reforestasi Hutan IKN, Pusat Suaka Orangutan (PSO) oleh Arsari Group, dan Green Movement Sabuk Hijau Nusantara yang merupakan inisiatif crowdsourcing untuk reforestasi. 

Sebagaimana dilansir dari laman Antara, Rencananya, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melaksanakan peletakan batu pertama untuk sejumlah proyek infrastruktur IKN tahap ketiga pada 13-15 Desember 2023.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 27 Nov 2023