Proyek Tol Tuban Lewati 35 Desa dengan Panjang 53 KM, Para Kades Mulai Dikumpulkan

Kamis, 17 Februari 2022 09:06 WIB

Penulis:ifta

konsultasi publik.JPG
Proyek Tol Tuban Lewati 35 Desa dengan Panjang 53 KM, Para Kades Mulai Dikumpulkan

Halojatim.com- Megaproyek pembangunan jalan tol yang menguhubunkan Jawa Tengah dan Jawa Timur (Demak-Tuban) kini mulai memasuki tahap konsultasi.

Dalam tahap ini mulai mengemuka wilayah mana saja yang akan dilewati oleh proyek nasional tersebut.

"Tercatat dalam proyek ini akan melewati 5 kecamatan dan 35 desa dan 1 kecamatan dan 6 desa untuk trase Tol Ngawi-Bojonegoro-Babat yang ada di wilayah Kabupaten Tuban dan jalan tol ini merupakan aset negara," kata Staf Ahli Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Pemkab Tuban, Abdul Rakhmat dari laman resmi Tubankab.go.id, dilansir Kamis 17 Februari 2022.

Pemkab Tuban melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Tuban memfasilitasi kegiatan konsultasi publik rencana pembangunan tol Demak-Tuban di gedung KSPKP Tuban, Rabu (16/02).

Selain menghadirkan jajaran Forkopimcam di lima kecamatan, kegiatan ini itu juga menghadirkan kepala desa, ketua BPD, tokoh agama atau tokoh masyarakat tiap desa yang akan dilalui proyek pembangunan tol tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Tuban, Bambang Irawan menjelaskan proyek jalan tol akan melewati lima kabupaten, termasuk Kabupaten Tuban yang melewati ruas Tol Ngawi.

Rencana pembangunan jalan tol yang melewati Kabupaten Tuban sepanjang 53,8 KM dengan lebar tol kurang lebih 8 meter.

"Untuk pembebasan lahan semua dari tim Kementerian PUPR, Pemkab paling tidak berupaya bagaimana dalam pembebasan lahan nantinya tidak terjadi gejolak di masyarakat," ungkap Bambang. (*)