Mulai Tahun 2025, Akan Ada Bus Tanpa Sopir di IKN

Selasa, 19 September 2023 06:39 WIB

Penulis:ifta

Desain pembangunan IKN Nusantara.
Desain pembangunan IKN Nusantara. (Istimewa)

JAKARTA, Halojatim.com- Penerapan tekhnologi tinggi akan diberlakukan untuk semua infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, termasuk juga moda transportasi.

Bahkan nantinya khusus untuk moda transportasi, nantinya akan dilayani bus dengan tekhnologi tanpa pengemudi (nirawak).

Moda transportasi ini berupa bus mulai tahun 2025. 

Keberadaan Bus Rapid Transit (BRT) nantinya akan menjadi transportasi publik pertama yang melayani penumpang di IKN. 

Keberadaan bus nirawak tersebut turut menambah sederet fasilitas canggih yang bakal dibangun di IKN. 

“Diharapkan dengan uji coba yang mumpuni, kita dapat menerapkan teknologi bus tanpa awak dalam 2 - 3 tahun ke depan,” ujar Kepala Otoritas IKN (OIKN) Bambang Susantono dalam Rapat Kerja dengan Badan Anggaran DPR di Jakarta, Senin 18 September 2023. 

Adapun penerapan teknologi nirawak tersebut meliputi kebijakan pengendalian dan pengoperasian sarana bus. Kepala OIKN berharap adanya peralatan dan teknologi yang mutakhir untuk mendukung rencana tersebut. 

“Kami harapkan beberapa peralatan yang memang menggunakan teknologi paling mutakhir,” ujar Bambang. 

Jaringan Bus

Nantinya jaringan bus di IKN dikembangkan dengan menggunakan pendekatan yang membagi area IKN menjadi tiga bagian. Hal tersebut guna menciptakan area layanan yang lebih terfokus dengan panjang rute yang nyaman untuk perjalanan bus perkotaan.

Jaringan bus tersebut diarahkan untuk melayani penumpang dari jaringan jalan raya sekunder ke pusat transportasi umum primer dan sebaliknya. Selain itu jaringan bus nantinya juga  menghubungkan koridor tersier masa depan sebagai penyedia layanan jarak jauh first/ last mile.

Pengembangan jaringan bus di IKN didorong menerapkan layanan berfrekuensi tinggi dan berkapasitas besar. Sehingga layanan dapat mengakomodasi potensi lonjakan penumpang selama jam sibuk. Di samping itu, transportasi umum harus tetap memelihara aspek kecepatan dan kenyamanan dalam perjalanan.

Tidak hanya Bus Nirawak saja yang akan dikembangkan di IKN. Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga menawarkan kerja sama pembangunan fasilitas kereta api di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Jepang. 

Proyek tersebut digadang-gadang menghubungkan Balikpapan dengan IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Kerja sama tersebut berguna untuk meningkatkan akses ke IKN selain jalan tol yang dapat mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 18 Sep 2023