Meriahnya Merdeka Heppiii di Pasuruan, dari Adu Layangan hingga Karnaval Kesenian Ribuan Warga

Sabtu, 23 September 2023 12:40 WIB

Penulis:ifta

IMG-20230918-WA0028 (1).jpg
Pentaskan Kesenian - Salahsatu kegiatan yang digelar di Pasuruan dengan menampilkan kesenian daerah setempat. Selain Pasuruan ada ratusan desa lainnya yang menggelar kegiatan Merdeka Heppiii 2023

Pasuruan, Halojatim.com- Sejumlah desa di Pasuruan Jawa Timur yang tergabung dalam Heppiii Community sukses menggelar berbagai kemeriahan dalam rangka merayakan HUT RI dengan tema Merdeka Heppiii. 

Kegiatan yang dilakukan warga desa ini dilaksanakan dengan sangat meriah, dari adu layangan, catur hingga dipungkasi festival yang diikuti seluruh warga.

Koordinator Heppiii Community di Pasuruan Wahyu Samudra mengatakan ada berbagai desa yang sudah rampung menggelar Merdeka Heppiii yang dilangsungkan sepanjang bulan Agustus lalu. Selain mengisi kegiatan perayaan kemerdekaan dengan kemeriahan warga desa, kegiatan ini juga diisi dengan memperindah fasiltas desa, seperti gapura.

"Kegiata Merdeka Heppiii di sejumlah desa di Pasuruan beragam, seperti di karang taruna Aruna Seroja ada selametan desa, kemudian di Karta Trunojoyo ada pengecatan gapura, kemudian di Karta Nguling ada karnaval serentak," katanya pada Sabtu (23/9).

Di lokasi terpisah Ketua Karang Taruna Desa Nguling, Pasuruan, Andri Haryanto mengatakan di desanya ada berbagai kemeriahan dalam merayakan kemerdekaan, seperti berbagai lomba yang melibatkan seluruh lapisan warga. Seperti misalnya turnamen catur yang diikuti kaum hawa dan adam, kemudian ada lomba khas daerah sekitar yakni adu layangan.

"Kalau di tempat kami namanya layangan sambitan, jadi layangan diadu, dan yang bertahan tetap terbang itulah juaranya. Kemarin ada sampai 64 peserta perwakilan dari tiap RW," jelasnya.

Keseruan lainnya juga ada lomba pencarian bakat, mulai dari kesenian seperti silat, menyanyi, kemudian ada juga rias wajah.

 Keseruan Merdeka Heppiii ini kemudian dipungkasi dengan karnaval yang melibatkan ribuan warga.

Ada puluhan tim yang ikut serta. Tiap tim menampilkan berbagai kesenian khas Pasuruan. Dari kendaraan hias, hingga penampilan kesenian khas seperti ala Madura, hingga pengarakan ogoh-ogoh ala warga Bali.

Bukan hanya di Pasuruan, Kegiatan Merdeka Heppiii ini dilakukan di ratusan desa di 17 kabupaten kota di Indonesia, khususnya di Jawa timur dan Kalimantan.

 Rinciannya Banyuwangi ada 17 desa, kemudian Bojonegoro 7 desa, Jember 18 desa, Jombang 18 desa, kemudian Madiun 17.

Lalu Pamekasan ada 7 desa, Probolinggo 17 desa, Sidoarjo 5 desa, Kediri 3 desa, Lumajang 9 desa, Mojokerto 4, Pasuruan 10, Ponorogo 14, Situbondo 16, Tuban 3 desa. Lalu wilayah Kalimantan ada Pangkalan Bun 4 desa, lalu wilayah Banjarmasin 19 desa.

Koordinator Heppiii Community di tingkat pusat, Ronald Theo Lesmana mengatakan, kegiatan Merdeka Heppiii ini adalah bagian dari upaya Heppiii Community untuk membangun desa yang dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga desa.

 Heppiii Community kata dia selalu konsisten menggerakkan warga untuk memberikan nilai tambah untuk desanya masing-masing.

"Selain ada penambahan dan perbaikan fasum (fasilitas umum) dan Fasos (fasilitas sosial) seperti pengecatan gapura, kemudian pemasangan lampu, juga digelar acara-acara tasyakuran (pesta rakyat) seperti penampilan kesenian, hiburan, bazar UMKM desa, pengajian, juga diisi dengan lomba-lomba," jelasnya. ***