JATIM-JATENG TERUS UPAYAKAN PADAMKAN KEBAKARAN LAWU

Jumat, 06 Oktober 2023 23:01 WIB

Penulis:Andri

Editor:Andri

A-BAKAR.jpg
Hutan yang kawasan Gunung Lawu yang terbakar

NGAWI I halojatim.com - Pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Gunung Lawu bukan hanya milik Jawa Timur. Untuk itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur dan BPBD Provinsi Jawa Tengah membentuk Satgas Bersama Karhutla Lintas Provinsi Jatim-Jateng.

 

Tenaga Ahli BNPB Kolonel Inf Heri Setyono mengatakan pembentukan satgas lintas provinsi tersebut dilakukan karena karhutla di kawasan Gunung Lawu telah meluas. Tidak hanya di Ngawi dan Magetan, Jawa Timur, namun juga menyebar ke Karanganyar, Jawa Tengah.

 

"Lokasi terdampak yang lebih luas berada di Jatim, sehingga Ketua Satgas Bersama nanti idealnya Kalaksa BPBD Jatim," kata Heri Setyono dalam Rapat Koordinasi Lintas Provinsi di Posko Penanganan Darurat Karhutla di Lapangan Aji Negoro, Desa Sidorejo, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi.

 

Karhutla di Gunung Lawu masih terjadi. Upaya pemadaman dilakukan dengan cara metode pengeboman air atau water bombing dan secara konvensional melalui jalur darat.

 

"Water bombing sudah kita lakukan sebanyak 25 kali. Pagi hingga siang sebanyak 17 kali dengan sasaran wilayah Kabupaten Ngawi. Sore hari di wilayah Karanganyar sebanyak delapan kali. Besok pagi (Kamis), water bombing akan kita arahkan di wilayah perbatasan Magetan-Karanganyar," kata Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto.

 

Sementara itu, upaya pemadaman jalur darat juga tetap dilakukan tim gabungan BPBD bersama TNI, Polri, dan sejumlah sukarelawan di wilayah Kabupaten Ngawi dan Magetan. Termasuk, dengan melibatkan komunitas trail untuk membantu menembus akses jalan yang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. (*)