Berkat Program Ramadan Heppiii, Jalanan di 18 Desa Di Jombang Tak Lagi Gelap

Senin, 27 Maret 2023 22:16 WIB

Penulis:ifta

Editor:ifta

IMG-20230325-WA0062.jpg
Salahsatu kegiatan Ramadan Heppiii, Kini Berkat Program Ramadan Heppiii, Jalanan di 18 Desa Di Jombang Tak Lagi Gelap.

Jombang, Halojatim.com- Sebanyak 18 desa yang tergabung dalam Karang Taruna (Karta) Heppiii Community di Jombang serentak membangun penerangan jalan umum (PJU) di puluhan titik di Kota Santri tersebut.

Aksi menerangi jalan ini merupakan bagian dari kegiatan Ramadan Heppiii yang rutin digelar setiap memasuki bulan puasa. 

Selain lampu penerang jalan, dalam program Ramadan Hepiii juga terdapat berbagai aktivitas lain seperti renovasi fasilitas umum, termasuk pengecatan gapura, serta pos ronda. Kemudian juga kegiatan buka bersama.

Koordinator kegiatan Ramadan Heppiii di Jombang Harris Agung Wibisono mengatakan tahun ini jumlah desa yang ikut serta lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Karta desa yang tergabung dalam Heppiii Community tahun ini banyak fokus pada pengadaan infrastruktur, khususnya PJU.

"Titik pengadaan PJU disesuaikan dengan kesepakatan warga sendiri, lampu dipasang di lokasi-lokasi strategis yang selama ini gelap. Dengan adanya PJU ini akses warga bisa semakin mudah dan lancar di malam hari," kata Harris pada Senin (27/3).

Kegiatan pemasangan PJU akan dilakukan secara bertahap, demikian juga dengan renovasi seperti gapura, pos ronda, serta taman desa. Namun diharapkan hingga dua bulan kedepan program ini diharapkan sudah tuntas.

Pada kegiatan Ramadan Heppiii tahun ini desa yang terlibat diantaranya, Desa Bangkalan yang akan memperbaiki fasilitas umum berupa penerangan jalan umum atau PJU. Kemudian Desa Badas renovasi gapura dan PJU, lalu Kate Mas PJU, Japanan gapura dan PJU, Pandan Blole PJU, Tanjung Wadung, Mentoro, dan Kedungdowo juga PJU.

Desa lainnya yang ikut Ramadan Heppiii adalah Desa Sumberejo renovasi pos ronda dan PJU, lalu Desa Jombatan pengerjaan taman dan PJU. Kemudian Desa Ndaru Rejo, Kudu Banjar, Jogomerto, Morosunggingan, Dukuh Mojo, Podoroto, Alang-alang Caruban dan Desa Tanggung Kramat semua pengadaan PJU.

Koordinator Heppiii Community di tingkat nasional Ronald Theo Lesmana mengucapkan terima kasih atas kolaborasi karang taruna dengan Heppiii Community di berbagai desa di Jawa Timur yang sudah berjalan secara rutin setiap tahunnya.

Kegiatan Ramadan Heppiii tahun ini mengambil tema Bersama Melakukan Kebaikan.

"Tahun ini ada lebih dari 200 desa di 17 kabupaten kota di Jawa Timur dan sebagian ada di Pangkalan Bun, Kalimantan ikut program Ramadan Heppiii. Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan manfaat untuk warga desa dan menjadi pendorong kemajuan desa," jelasnya. (*)