BEI Resmikan Enam Galeri Investasi Sekaligus, Ini Lokasinya

Rabu, 03 Agustus 2022 20:47 WIB

Penulis:Asih

Editor:Asih

peresmian GI BEI.jpg
Peresmian enam Galeri Investasi di Jatim secara serentak, Rabu (3/8/2022).

SURABAYA | halojatim.com  - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus menerus melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi pasar modal melalui kerja sama dengan berbagai pihak.  Ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah investor lokal serta menumbuhkan kesadaran dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap investasi di pasar modal.

Salah satu bentuk kerja sama yang dilakukan oleh BEI sebagai upaya memperkenalkan keberadaan pasar modal kepada masyarakat adalah melalui pendirian Galeri Investasi BEI di berbagai perguruan tinggi, lembaga atau komunitas.

Dengan adanya Galeri Investasi BEI, masyarakat dapat mengenal lebih dekat serta memahami dengan benar keberadaan lembaga-lembaga keuangan di pasar modal dan berbagai produk serta jasa yang ada di pasar modal.

Baca Juga : 

Sehingga diharapkan pada akhirnya masyarakat Indonesia, khususnya para generasi muda, mampu menggunakan produk dan jasa keuangan di pasar modal untuk memenuhi kebutuhan keuangannya.

Karena itu, BEI meresmikan enam Galeri Investasi sekaligus, Rabu (3/8/2022) secara serentak, oleh Direktur Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik. Enam Galeri Investasi itu yakni GI Syariah BEI di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri, GI BEI di STIE Dewantara Jombang, GI BEI di Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (UNUSIDA),  GI BEI di STEI Permata Bojonegoro, GI BEI di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur dan  GI BEI di PT Pegadaian Surabaya.

Dengan diresmikannya enam GI BEI baru dimaksud, maka per 31 Juli 2022  jumlah GI BEI di seluruh Indonesia mencapai 697 GI BEI. Dan jumlah GI BEI di wilayah kerja Kantor Perwakilan BEI Jawa Timur adalah 80 GI BEI meliputi 65 GI BEI, 8 GIS BEI, 6 GIE BEI dan 1 GID yang tersebar di berbagai kota di Jawa Timur, seperti Surabaya, Malang, Mojokerto, Madiun, Banyuwangi, Jember, Blitar, Lumajang, Bangkalan, Sumenep, Pamekasan dan lain-lain.

Kepala Perwakilan BEI Surabaya, Dewi Sriana mengatakan ke depan, dengan makin banyaknya kerja sama pendirian GI BEI yang dilaksanakan di berbagai kota di seluruh Indonesia, termasuk di Jawa Timur, maka kegiatan sosialisasi dan edukasi Pasar Modal termasuk juga Pasar Modal Syariah, dapat dilaksanakan secara masif.

"Sehingga dapat meningkatkan literasi maupun inklusi di pasar modal, yang berdampak pada semakin banyaknya tercipta jumlah investor baru di Pasar Modal Indonesia," ujarnya.  

Tercatat, pada akhir semester I 2022 jumlah investor saham telah menembus angka 4 juta, yaitu sebesar 4.002.289 Single Investor Identification (SID).  Yang penting juga untuk diketahui bahwa 99,79% merupakan investor individu lokal.  

Hal ini menunjukkan bahwa investor lokal mendominasi pasar modal Indonesia, setelah bertahun-tahun sebelumnya didominasi oleh investor asing.  Bahkan yang menarik, pada akhir semester I tahun 2022, investor saham didominasi oleh investor berusia di bawah 40 tahun, yaitu gen z dan milenial sebesar 81,64% dengan nilai aset yang mencapai Rp144,07 triliun.