WARGA MINTA PENGASPALAN JALAN PENGHUBUNG DUA KECAMATAN

Andri - Minggu, 25 Agustus 2024 00:01 WIB
Pihak Pemkot Surabaya, Kecamata Karangpilang, dan Kelurahan Warugunung saat meninjau jalan

SURABAYA I halojatim.com - Aspirasi warga Warugunung, Kota Surabaya, mendapat respon. Di awali acara Ngopi Bareng bersama yang diadakan Minggu (14/8/24). Pihak pemeritah turun tangan menanggapi keluhan tentang jalan.

"Sebenarnya, maksud dan tujuan acara Ngopi Bareng untuk menjaring aspirasi,keluh kesah warga Kelurahan Warugunung terkait pembangunan yang berada di Wilayah Warugunung "Kata Ketua RW 3 Kelurahan Warugunung Widodo.

Menurutnya, pembanguan yang dimaksud adalah jalan yang menghubungkan Warugunung dengan wilayah lain. Jalan tersebut adalah jalan yang menghubungkan antara Wilayah Warugunung yang masuk Kecamatan Karangpilang dengan wilayah Kelurahan Sumur Welut yang sudah masuk di Kecamatan Lakarsantri.

‘’Jalan penghubung tersebut belum diaspal. Keinginan warga supaya ada tindakan dari Pemerintah Kota Surabaya akan hal ini,’’ ungkap Widodo.

Suara itu pun didengar pihak Pemerintah Kota Surabaya. Pada Selasa (20/08/24), Camat Karangpilang Ipong Wisnoe Wardhono, Lurah Warugunung Dony Kurniawan, dan perwakila dari DSDADM ( Dinas Sumber Daya Air Dan Bina Marga ) Kota Surabaya. Mereka melaksanakan survei terkait jalan yang belum teraspal di Wilayah RW 03.LPMK Warugunung beserta RW se -Kelurahan dan tokoh masyarakat Warugunung turut hadir

"Akhirnya respon tersebut berdampak positif bagi warga Warugunung RW. 03,’’ lanjut Mas'ud, selaku Ketua LPMK.

Pembangunan infrastruktur di Kota Surabaya ditargetkan rampung pada tahun 2024. Salah satu pembangunan yang ditargetkan selesai adalah penyelesaian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Surabaya Timur. Rumah sakit ini mulai dibangun pada 5 Oktober 2023 dan ditargetkan rampung pada bulan Oktober 2024.

Prioritas pembangunan infrastruktur lainnya adalah radial road yang menjadi solusi kemacetan di Jalan Raya Lontar. Pemerintah Kota (Pemkot) juga akan memulai overlay disepanjangnjalan Wiyung, Kertajaya, Banyu Urip.

Pemkot Surabaya akan memulai pembangunan tunnel atau terowongan yang menghubungkan Kebun Binatang Surabaya (KBS) ke Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) guna mencegah kemacetan di kawasan Terminal Joyoboyo. Pembangunan tunnel ini ditargetkan akan rampung pada bulan September 2024.

Untuk menyelesaikan persoalan banjir, pemkot juga akan melanjutkan pembangunan saluran diversi Gunungsari sampai dengan Pondok Benowo Indah (PBI) sepanjang 500 meter. Pemkot juga akan pembangunan saluran diversi Wiyung hingga Lembah Harapan sepanjang 500 meter.

Selain itu, Pemkot Surabaya juga tengah melakukan penataan kota lama di kawasan Surabaya Utara. Penataan dari arah Jalan Rajawali menuju ke kawasan Pecinan di Kembang Jepun Kya-Kya, Jalan Panggung, dan kawasan Ampel, ditargetkan akan selesai pada bulan Mei 2024.

Di sana akan terbagi menjadi empat zona. Di antaranya, Zona Eropa, Zona Pecinan, Zona Melayu, dan Zona Arab. Penataan kawasan kota lama ini semakin menunjang pariwisata Heritage, yakni memperkuat identitas Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan, salah satunya dengan mengkoneksikan antar zona. (arief)

Editor: Andri

RELATED NEWS