WALI KOTA ERI SUMBANG SAPI KURBAN SEBERAT 1 TON

Andri - Kamis, 29 Juni 2023 08:45 WIB
mengecek hewan kurban di kandang RPH di Jalan Pegirikan 258 Surabaya

SURABAYA I halojatim.com - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi merayakan Idhul Adha 1444 Hijriah. Selain sholat, dia berkurban belasan sapi kurban berukuran jumbo pada saat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah untuk dipotong pada hari Kamis (29/6).

Direktur Utama Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (RPH) Surya Surabaya Fajar Arifianto Isnugroho dalam keterangannya di Surabaya mengatakan, sapi kurban itu berbobot mulai 950 kilogram sampai 1 ton lebih. "Sapi kurban itu kami datangkan dari berbagai daerah di Jawa Timur seperti Blitar, Malang, Jember, Jombang, dan Madura," ujarnya.

Kata dia, ada empat sapi berbobot 1 ton lebih seperti Sapi Limousin asal Malang dengan berat 1.062 kilogram, Sapi Simental asal Malang berbobot 1.050 kilogram, Sapi Simental asal Blitar beratnya 1.050 kilogram, dan Sapi Pegon Simental asal Blitar dengan berat 1.020 kilogram.

Selain itu, kata dia, ada belasan sapi besar lainnya dengan bobot 950 kilogram sampai 990 kilogram berjenis Limousin, Simental, Pegon Hitam, dan Pegon Simental. Belasan sapi tersebut, diambil dari peternak di Jember, Blitar, Jombang, dan Madura.

"Seluruh sapi-sapi pesanan Wali kota didistribusikan bertahap pada Selasa (27/6) dan Rabu ini," kata Fajar.

Fajar mengatakan sapi kurban RPH Surabaya juga telah dipesan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Fajar mengatakan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi juga menyempatkan diri mengecek hewan kurban di kandang RPH di Jalan Pegirikan 258 Surabaya pada Selasa (27/6). Hal itu untuk memastikan kesiapan RPH Surabaya sebagai sentra potong hewan kurban pada saat Idul Adha 1444 Hijriah. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS