Viral soal Asam Sulfat, Apa sih Asam Sulfat, Ini 7 Dampak Bagi Kesehatan

ifta - Rabu, 06 Desember 2023 08:28 WIB
FYP Asam Sulfat, Simak Yuk ini 7 Dampak Mengerikan bagi Kesehatan (ist)

JAKARTA, Halojatim.com – Dalam beberapa hari terakhir ini viral soal asam sulfat.

Lini masa media sosial juga banyak 'dikuasai' oleh tayangan soal asam sulfat ini.

Awal mula asam sulfat ini viral ketika Gibran menyampaikan pidatonya soal ibu hamil yang harus dicek asam sulfatnya.

Yang dimaksud Gibran adalah asam folat bukan asam sulfat.

Lalu apa itu asam sulfat, dan apa dampaknya jika dikonsumsi manusia?

Asam sulfat adalah senyawa kimia dengan proses pembuatannya yang sangat kompleks melalui rumus kimia H₂SO₄.

Walaupun bersifat sangat korosif, Asam sulfat diproduksi secara besar-besaran untuk kebutuhan industri kimia. Sebab, senyawa ini banyak dipakai untuk proses pemurnian logam, pembuatan pupuk, dan industri kimia lainnya.

Saking berbahayanya, setiap kali an tetapi, para peneliti juga disarankan menggunakan alat pengamanan sesuai prosedur supaya tidak terkontak langsung senyawa tersebut.

Selain itu, perusahaan yang menggunakan senyawa ini juga harus menyediakan alat pemadam tumpahan dan pelindung lingkungan sesuai prosedur. Hal tersebut bertujuan mencegah tumpahan asam sulfat yang dapat menyebabkan kontaminasi lingkungan.

Bahkan asam sulfat harus disimpan menggunakan wadah berbahan polietilena atau kaca. Adapun untuk penemapatan sendiri, harus berada ditempat rertutup sejuk kering jauh dari air dan harus terlindung dari sinar matahari langsung. Sebab, jika terlalu panas atau terkena air sedikit saja senyawa ini dengan sangat cepat akan meledak. Nah, berikut 7 dampak mengerikan bagi kesehatan manusia.

Iritasi Kulit dan Mata

Asam sulfat dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan mata jika terjadi kontak langsung. Kontaminasi kulit dapat menyebabkan luka bakar dan iritasi yang serius, sementara paparan pada mata dapat mengakibatkan kerusakan mata yang permanen.

Gangguan Saluran Pernapasan

Uap asam sulfat dapat menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan manusia. Pernapasan uap ini dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan, batuk, sesak napas, dan bahkan pneumonia jika terpapar dalam jangka waktu yang lama.

Kerusakan Jangka Panjang pada Paru-paru

Paparan berulang terhadap asam sulfat dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada paru-paru. Ini dapat mengakibatkan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan berkontribusi pada perkembangan penyakit paru-paru serius lainnya.

Gangguan Sistem Pencernaan

Asam sulfat yang tertelan atau terhirup dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Hal ini dapat mengakibatkan gejala seperti mual, muntah, sakit perut, dan diare, yang dapat berdampak serius pada kesehatan gastrointestinal.

Kerusakan Gigi dan Mulu

Asam sulfat memiliki sifat korosif yang dapat merusak gigi dan jaringan mulut. Paparan langsung dapat menyebabkan erosi gigi, gusi berdarah, dan masalah kesehatan mulut lainnya

Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan jangka panjang terhadap asam sulfat dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru dan tenggorokan. Partikel-partikel kecil dari asam sulfat yang terhirup dapat meresap ke dalam paru-paru dan meningkatkan risiko perkembangan sel kanker.

Efek pada Sistem Saraf

Paparan asam sulfat juga dapat memiliki dampak pada sistem saraf. Beberapa orang yang terpapar asam sulfat dalam jumlah tinggi melaporkan gejala seperti kelelahan, sakit kepala, dan gangguan kesehatan lain yang dapat merugikan fungsi sistem saraf.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Alvin Pasza Bagaskara pada 06 Dec 2023

RELATED NEWS