UTUSAN KEMENTERIAN DATANGI SMAN 1 KREMBUNG, ADA APA ?

Andri - Sabtu, 26 Oktober 2024 17:05 WIB
Supervisi dari Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah bernama Rofi’atul Adawiyah saat melakukan wawanara dengan siswa SMAN 1 Krembung di Gasebo Bhinneka Tunggal Ika.

SIDOARJO I halojatim.com – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Krembung dapat amanah besar. Salah satu sekolah favorit di Kota Udang, julukan Kabupaten Sidoarjo, tersebut kedatangan supervis dari Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah.

‘’Pada Kamis lalu, supervisi dari Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah bernama Rofi’atul Adawiyah datang ke SMAN 1 Krembung. Beliau ingin melihat keterlaksanaan Gerakan Sekolah Sehat. Selain berbincang dangan saya dan para guru, Beliau juga berbincang dengan siswa,’’ papar Kepala Sekolah SMAN 1 Krembung Suswanto.

Hebatnya, sekolah yang tahun ini berusia 41 tahun tersebut menjadi satu-satunya di level SMAN yang didatangi oleh utusan kementerian. Kepercayaa ini, ungkap Suswanto, dikarenakan sekolahannya berkirim ke pusat dengan mengikutsertakan bukti kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Gerakan Sekolah Sehat,’’ ungkap Suswanto.

Kementeriaan Pendidikan Dasar dan Menengah, yang masih bernama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, mengirimkan surat balasan ke SMAN 1 Krembung dengan nomor 2207/CS/DM/00.02/2024. Isinya, lanjut Suswanto, menyebutkan dalam rangka meningkatkan status kesehatan peserta didik di seluruh satuan pendidikan melalui Gerakan Sekolah Sehat yang berfokus kepada lima sehat yakni sehat bergizi, sehat fisik, sehat imunisasi, sehat jiwa, dan sehat lingkungan, Direktorat Kementerian akan melaksanakan supervisi implementasi Gerakan Sekolah Sehat di Satuan Pendidikan. Gerakan itu akan dilaksanakan di sekolah terpilih di 16 wilayah Indonesia sejak 21 Oktober sampai 30 Oktober 2024.

Di sesi pertama, supervisor Rofi’atul melakukan wawancara dengan kepala sekolah dan guru di Ruangan Kepala Sekolah. Setelah itu dilanjutkan dengan para siswa terpilih di Gasebo Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam sesi wawancara dengan kepala sekolah dan guru, Rofi’atul ingin mengetahui kegiapa apa saja yang sudah dilaksanakan pihak sekolah dalam Gerakan Sekolah Sehat.

‘’Kami jawab apa adanya dan memang kami sudah menerapkan dengan baik Gerakan Sekolah Sehat tersebut,’’ ujar Suswanto.

Rofi’atul, yang kebetulan juga berasal dari Sidoarjo tepatnya Kecamatan Porong, mencatat semua hasil wawancara tersebut. Dalam supervisi ini, selain SMAN 1 Krembung yang menjadi wakil dari Provinsi Jawa Timur, ada juga TK Islam Sari Bumi menjadi wakil di tingkat taman kanak-anak. SD Muhammadiyah 1 Pucang Anom didatangi sebagai wakil sekolah dasar dan kemudian dari sekolah menengah pertama diwakilkan kepada SMP Negeri 3 Porong.

Dengan kedatangan supervise ini semakin meneguhkan eksistensi SMAN 1 Krembung sebagai sekolah penuh prestasi. Sebelumnya, sekolah yang sudah melahirkan banyak sosok sukses tersebut terpilih menjadi Sekolah Adiwiyata atau sekolah peduli lingkungan tingkat Jawa Timur.

SMAN 1 Krembung juga sudah melaksanakan berbagai kegiatan posifif. Di antaranya mengajak siswa untuk sadar berlalu lintas melalui Program Safety Reading. Selain itu, sudah dalam dua tahun terakhir mereka menggelar Education Fair yang diikuti puluhan perguruan tinggi. Kegiatan ini menjadipercontohan beberapa sekolah di Sidoarjo. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS