Usai Donor Darah Massal Bersama Kolaborasi KITA, Warga Desa di Ponorogo Rutin Donor 3 Bulan Sekali

ifta - Selasa, 29 November 2022 00:27 WIB
Kolaborasi berbagai komunitas di Ponorogo, seperti karang taruna Heppiii Community dan anak motor Bold Riders serta fans club bola sukses gelar donor darah

Ponorogo, Halojatim.com- Kolaborasi berbagai komunitas di Ponorogo, seperti karang taruna Heppiii Community, anak motor Bold Riders serta fans club bola sukses menggelar donor darah di Kota Reog.

Kegiatan yang mengambil tema Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini merupakan tahun ketiga setelah dua tahun mereka rutin menggelar donor di setiap desa.

Panitia acara donor darah Pamungkas Setyo Wibowo mengatakan kegiatan yang berlangsung sejak awal hingga pertengahan November 2022 ini digelar secara bertahap di tiga titik berbeda, yakni Kantor Desa Kupuk, kemudian Kantor Desa Pulung, lalu Kantor PMI Kabupaten Ponorogo.

Total ada puluhan kantong darah yang bisa diberikan untuk PMI.

"Antusiasme masyarakat sangat besar dalam kegiatan donor darah ini, namun karena harus mempertimbangkan stok darah dan faktor lainnya belum semua bisa donor. Namun kami tetap apresiasi dan berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada komunitas, masyarakat umum, serta PMI," ungkapnya, Senin (29/11).

Kata dia pasca melaksanakan program donor darah yang digelar Kolaborasi komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2020 lalu, kini sejumlah warga di desa mulai rutin donor setiap tiga bulan sekali. Warga kata dia sudah jadi pendonor tetap jika PMI menggeralar donor dengan mendatangi warga.

"Ada beberapa desa sekarang yang sudah rutin setiap tiga bulan seperti Prajegan, Japan, dan desa lan. Jadi sudah otomatis mereka akan donor," ungkapnya.

Sementara itu untuk donor darah Kolaborasi KITA di Ponorogo pada tahun ini sudah digelar sejak 29 Oktober hingga 13 November 2022. Ada berbagai komunitas yang ikut dalam program sosial ini seperti anak motor Bold Riders Ninja KN47, Super Moto Ponorogo, kemudian mobil GCC, lalu ada MTC (mobil timor club), turut ikut serta dalam kegiatan ini ada dari fans club Miseaz Ponorogo, lalu juga JCI, dan para seniman SKRP (Seniman Kecil Reog Ponorogo).

"Sebelum donor kami juga melaksanakan doa bersama di taman makam pahlawan, kaena kebetulan momen donor darah kemarin juga momen di Hari Pahlawan," ungkapnya.

Program donor darah Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini digelar serentak di seluruh Indonesia Timur mulai 29 Oktober sampai 13 November 2022 kemarin.

Total ada sebanyak 750 komunitas di lebih dari 82 Kabupaten/Kota di Indonesia Timur. Jumlah kota ini tersebar di 15 provinsi.Tahun ini kegiatan sosial tersebut mengambil tema kepahlawanan yakni KITA adalah Pahalwan.

Program tersebut menghasilkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894 orang. Atas raihan ini Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan dua penghargaan sekaligus, yakni pertama penghargaan rekor sebagai donor darah terbesar yang dilakukan komunitas. Kemudian rekor kedua yakni donor di provinsi terbanyak, yakni donor darah secara pararel dalam kurun waktu dua minggu di 15 provinsi. *

RELATED NEWS