Unair Masuk 3 Besar Kampus Terbaik, Bersanding dengan UGM, UM hingga Binus

ifta - Jumat, 23 Juni 2023 23:15 WIB
Unair masuk dalam 3 kampus terbaik di Indonesia.

Surabaya, Halojatim.com- Pemeringkatan Times Higher Education (THE) Asia kembali merilis hasil pemeringkatan kampus-kampus di dunia.

Khusus untuk Indonesia, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menjadi perguruan tinggi terbaik ketiga.

Unair menduduki posisi ketiga nasional sejajar dengan Bina Nusantara (Binus), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Negeri Malang (UM) . Universitas Indonesia (UI) berada pada posisi pertama dan Institut Teknologi Bandung (ITB) berada di posisi kedua.

Jika di level Asia, Unair menduduki peringkat 401–500.
Rektor Unair, Prof. Mohammad Nasih di Surabaya, Jumat, mengatakan, keberadaan kampusnya pada posisi saat ini merupakan buah dari kerja keras dan kolaborasi dari berbagai pihak.

"Kami sangat berterima kasih dan bersyukur. Tentu saja posisi ini bukan hasil dari peran satu pihak saja, melainkan berkat kolaborasi dan kerja sama kita bersama-sama," ujarnya dari laman Antara.

Pemeringkatan itu berdasarkan pada lima indikator, yakni pengajaran (teaching), penelitian (research), citations (angka sitasi), pendapatan industri (industry income), serta proporsi mahasiswa internasional (international outlook).

Secara total, Unair mendapatkan nilai dengan kisaran 23.0–27.2 dengan rincian teaching 27.2, research 12.5, citation 27.6, industry income 38.4, dan international outlook 38.5.

Prof. Nasih menambahkan, peringkat sejatinya bukanlah sebuah tujuan, melainkan refleksi dari kinerja dan kualitas dari sebuah perguruan tinggi. ***

RELATED NEWS