UNAIR LULUSKAN 118 DOKTER HEWAN BARU

Andri - Kamis, 02 Maret 2023 13:30 WIB
Dokter hewan yang diwisuda di Unair Surabaya

SURABAYA I halojatim.com - Jumlah dokter hewan kembali bertambah. Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengukuhkan sebanyak 118 dokter hewan baru melalui upacara pelantikan dan pengambilan sumpah dokter hewan di Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C Unair.

Dekan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair, Prof. Mirni Lamid, drh., MP., mengatakan pengukuhan ini bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan sebagai awal baru untuk terlibat langsung dalam pengabdian di masyarakat. "Perjuangan kalian belum berakhir. Justru ini adalah titik awal. Perjuangan yang sebenarnya adalah saat kalian terjun di masyarakat," kata Mirni.

Dia mengatakan meski pendidikan telah usai, tetapi para dokter hewan baru harus tetap memegang penuh tanggung jawab sebagai seorang tenaga kesehatan. Dia juga mengingatkan para dokter hewan baru untuk senantiasa menjaga kode etik profesi serta menjunjung tinggi rasa kemanusiaan dalam mengabdi di masyarakat.

"Pegang teguh etika profesi yang berlaku di kedokteran hewan. Dan, jangan lupa untuk terus menjunjung tinggi rasa kemanusiaan sesuai sumpah yang telah kalian ucapkan. Jadilah jujur, disiplin, profesional, sehingga kelak akan menuai kebaikan dari sekeliling kalian," katanya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unair, Prof. Bambang Sektiari Lukiswanto DEA., DVM., mengatakan bahwa penting bagi para dokter hewan baru untuk memegang teguh etika kedokteran. Terlebih lagi, kata dia, dokter hewan merupakan bagian penting dari dunia kesehatan di Indonesia. Dokter hewan memiliki andil besar dalam menjamin keberlangsungan hidup masyarakat secara keseluruhan. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS