TIKET KA TANGGAL 23 DESEMBER FAVORIT DIPESAN

Andri - Selasa, 28 November 2023 13:30 WIB
Kereta Api Probowangi menjadi kereta favorit masyarakat di libur Nataru

SURABAYA I halojatim.com - Tiket kereta api menjelang libur Natal dan pergantian tahun terus diburu warga. PT KAI Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya mencatat per 27 November 2023 tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) terjual 20 persen atau 81.528 tiket dari total sebanyak 407.642 yang disediakan.

"Jumlah ini akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung. Relasi favorit sejauh ini yaitu Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Jember, dan Banyuwangi," kata Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangannya di Surabaya.

Luqman mengatakan, perjalanan KA yang masuk tiga besar dalam okupansi yang telah dipesan antara lain KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng - Ketapang PP, KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen PP dan KA Sritanjung relasi Surabaya Gubeng tujuan Ketapang dan Lempuyangan PP.Selain itu, kata dia, tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit dipesan di antaranya pada 23 Desember 2023 terjual 7.527 tiket atau 33 persen dari yang tersedia.

"Untuk 22 Desember 2023 terjual 7.360 tiket atau 32 persen dan 26 Desember 2023 terjual 5.905 tiket atau 26 persen," kata Luqman.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 masih cukup banyak tersedia.Bagi masyarakat yang akan menikmati libur Natal dan Tahun Baru, kata Luqman, menggunakan Kereta Api, KAI masih menyediakan tempat duduk pada tanggal alternatif lainnya.

''Kami imbau untuk memperhatikan kembali jadwal keberangkatan," kata Luqman.

Sementara, untuk menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api selama periode Natal dan tahun baru, kata dia, pihaknya melakukan perawatan jalan rel sesuai mitigasi potensi risiko dan profil masing-masing kepadatan tanah pada beberapa daerah.

Luqman mengatakan, Daop 8 Surabaya memiliki panjang lintas sejauh 530.168 kilometer yang melintasi 11 kabupaten/kota di Jawa Timur dengan memiliki batas wilayah di utara hingga Stasiun Tobo, tengah Stasiun Mojokerto, dan selatan Stasiun Wlingi. "Untuk memastikan jalur KA tersebut aman, kami melakukan pemantauan dan perawatan kondisi jalur KA, secara berkala sesuai program untuk memastikan kondisi layak standard operasional berdasarkan ketentuan yang berlaku," katanya. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS