TARGETKAN 15 RIBUAN PELANGGAN BARU DI HUT KEMERDEKAAN RI

Andri - Sabtu, 06 Agustus 2022 13:30 WIB
Ilustrasi pemasangan listrik di pelanggan baru

SURABAYA I halojatim.com - Setiap menyambut HUT ke 77 Kemerdekaan RI, PT PLN (Persero) selalu memanfaatkan moment penting itu. Kali ini, mereka menargetkan 15.552 sambungan listrik gratis di Jawa Timur tahun 2022. Caranya melalui Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur (Jatim), Lasiran,mengatakan, program itu rencananya untuk rumah tangga tidak mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berdomisili di daerah 3T, atau memenuhi kriteria sebagai calon penerima BPBL yang divalidasi oleh kepala desa/lurah atau pejabat yang setara. "Program BPBL bertujuan meningkatkan rasio elektrifikasi serta memenuhi kebutuhan energi listrik yang belum merata khususnya bagi rumah tangga tidak mampu yang belum tersambung dengan listrik PLN," kata Lasiran.

Program ini, katanya, juga untuk menjalankan program bantuan listrik gratis dari pemerintah. Berlandaskan Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2022 tentang Bantuan Pasang Baru Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu yang akan menyasar 80.000 rumah tangga belum berlistrik di seluruh Indonesia.

"Di Jawa Timur sendiri tercatat sebanyak 15.552 rumah tangga tidak mampu yang akan diberikan bantuan," katanya.

Untuk tahap awal, kata Lasiran, akan dilakukan kepada 3.178 keluarga prasejahtera yang tersebar di Bojonegoro, Jember, Madiun, Malang, dan Ponorogo. Rencananya sebagian akan dioperasikan sebelum 17 Agustus 2022 sebagai hadiah kemerdekaan.

"Setelah itu, secara bertahap akan terus kami garap hingga mencapai 15.552 keluarga tidak mampu dengan menggunakan alokasi APBN sekitar Rp18,6 miliar," kata Lasiran.
Program ini tidak terlepas dari kesiapan sistem kelistrikan PLN khususnya di Jawa Timur yang memiliki cadangan daya hingga 3.000 MW. (*)

Editor: Andri
Tags #pasanglistrikplnBagikan

RELATED NEWS