TAMBAH EMPAT STASIUN PENGISIAN KENDARAAN LISTRIK

Andri - Minggu, 26 September 2021 11:05 WIB
PLN akan menambah empat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah Jatim.

PT PLN (Persero) selalu berusaha menambah pelayanan di wilayah Jatim. Untuk itu, badan usaha milik negara itu berencana menambah empat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah Jatim. Sehingga total menjadi sembilan stasiun hingga akhir 2021.

Manager Komunikasi PLN UID Jatim Fenny Nurhayati mengatakan, tambahan empat SPKLU itu masing-masing dua di rest area tol, yakni KM 626A dan KM 626B Saradan, Madiun. Kemudian satu di Bandara Juanda Sidoarjo dan satu lagi di Bandara Abd Saleh, Kabupaten Malang.

"Diperkirakan akan bisa beroperasi pada November 2021," kata Fenny kepada wartawan.

Saat ini, katanya, total SPKLU di Jatim ada di lima lokasi, masing-masing SPKLU di Kantor PLN ULP Embong Wungu, di Kantor PT PJB, Kantor PLN UP3 Situbondo, Kantor PLN UP3 Banyuwangi, serta Kantor PLN UP3 Ponorogo. Fenny mengatakan penambahan ini karena adanya proyeksi jumlah kendaraan listrik di Indonesia pada 2030 yang mencapai 2,2 juta mobil listrik, dan 13 juta motor listrik.

Fenny mengatakan, PT PLN (Persero) juga membuka peluang kerja sama bagi pelaku usaha untuk ikut membangun 101 SPKLU sepanjang 2021 secara nasional. PLN, kata dia, menyiapkan skema bisnis dan insentif bagi investor yang ingin bergabung.

Sebelumnya, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril menuturkan, peluang bisnis SPKLU ini memiliki prospek menggiurkan mengingat tren penjualan mobil listrik terus meningkat. Pada 2020, penjualan mobil listrik naik 46 persen. Hal ini berbanding terbalik dengan mobil konvensional yang justru menurun hingga 14 persen. (*)

RELATED NEWS