Swasembada Sektor Kesehatan, Arab Saudi Teken Kesepakatan Investasi Rp17 Triliun

ifta - Selasa, 31 Oktober 2023 23:34 WIB

Ilustrasi/ugm.ac.id

undefined

Halojatim.com- Arab Saudi kini telah menekan kerjasama dalam upaya mewujudkan layanan kesehatan.

Proyek swasembada kesehatan ini memiliki nilai yang fantastis mencapai Rp17 triliun.

Kesepakatan itu telah diteken oleh Kementerian Investasi Arab Saudi. Nilai nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) senilai US$1,07 miliar) atau sekitar Rp17 triliun (kurs Rp15.898) bersama dengan perusahaan internasional dan lokal di sektor kesehatan.

MoU tersebut ditandatangani pada Forum Kesehatan Global pada Minggu, 29 Oktober 2023 di Riyadh dan menjadi salah satu upaya negara itu untuk mencapai swasembada di sektor kesehatan.

Kerja sama tersebut juga diharapkan mampu hadirkan 3.800 lapangan pekerjaan baru dalam sektor kesehatan di Arab Saudi.

Kesepakatan tersebut bertujuan untuk memindahkan produksi peralatan medis penting seperti sensor, stent, dan jahitan ke fasilitas produksi lokal. Produksi tersebut juga mencakup barang-barang medis seperti perangkat prostetik, peralatan ortopedi, dan perawatan luka, seperti dilansir dari Arab News.

Dalam forum tersebut, Arab Saudi mengumumkan akan mengenalkan program asuransi komprehensif yang dibiayai oleh negara untuk seluruh penduduknya pada tahun 2026, sesuai dengan tujuan yang tercantum dalam Visi 2030.

Program Asuransi Nasional tersebut, sebagaimana diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Arab Saudi, Fahad Al-Jalajel, tidak memerlukan pembaharuan tahunan dan akan memberikan perlindungan seumur hidup bagi seluruh penduduk Arab Saudi. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 31 Oct 2023

RELATED NEWS