SURGANYA PARA PECINTA KULINER PECEL

Andri - Kamis, 02 Februari 2023 17:12 WIB
Pecel Yu Gembrot di Madiun

MADIUN I halojatim.com - Kunjungan mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke sebuah depot pecel memancik ketertarikan publik. Ini bisa membuat mereka juga mencari warung makanan khas daerah itu jika berkunjung ke Madiun.

Ada beberapa warung atau depot pecel yang layak dikunjungi. Di mana saja?

1. Warung Nasi Pecel 99
Warung Nasi pecel 99 berdiri sejak tahun 1987 oleh Karyono dan Heriyati di Jalan Cokroaminoto, Madiun. Warung ini tetap menggunakan bumbu racikan asli dari sang pendiri. Sehingga warung ini tetap ramai karena pelanggannya selalu puas.

2. Nasi Pecel Yu Gembrot
Warung nasi Yu Gembrot didirikan semenjak tahun 1942 oleh Sarinem, kemudian diteruskan oleh anaknya yang bernama Katini, yang memiliki tubuh gemuk. Sehingga warung ini lebih terkenal dengan sebutan Warung Pecel Yu Gembrot.
Warung pecel ini terletak di Jalan Imam Bonjol dekat area pasar besi Madiun.


3. Warung Bu Wo.
Merintis usaha nasi pecel dengan berjualan keliling dari rumah ke rumah. Karena banyak yang menyukai sambal racikannya yang khas, srhingan beliau memutuskan membuka warung di Jalan S. Parman, di samping terminal lama Madiun. Saat ini bangunan itu telah berubah menjadi carrefour.
Semenjak berjualan Bu Wo selalu meracik sendiri sambal pecelnya, sehingga sambal racikannya memiliki ciri khas tersendiri.


4. Nasi Pecel Sri Tanjung
Nasi Pecel Sri Tanjung terletak di Jalan Crokoaminoto, Madiun. Pecel Sri Tanjung baru buka sore hari hingga tengah malam menggunakan tenda. Meskipun warung tenda, warung ini senantiasa ramai oleh pengunjung. Hal ini karena pecel di warung sangat nikmat dan tak kalah rasanya dengan pecel di sepanjang jalan ini.

5. Nasi Pecel Pojok
Nasi Pecel Pojok, seperti namanya warung ini terletak di pojokan jalan Cokroaminoto dan jalan Ringin, Madiun. Di samping SDK Santa Maria.
Di warung ini bisa mengatur tingkat kepedasan sambal sesuai dengan selera. Warung ini mulai buka jam lima sore sampai jam 11 malam.

Namun bukan berarti di luar lima warung atau depot Pecel ini rasanya tidak enak. Sebab, jika ditulis semua, bakal tidak cukup he he ..(*)

Editor: Andri

RELATED NEWS