SURABAYA TUAN RUMAH PEMBAHASAN KOTA MASA DEPAN

Andri - Kamis, 22 September 2022 22:57 WIB
Kota Surabaya menjadi tuan rumah kegiatan internasional

SURABAYA I halojatim.com - Jawa Timur kembali mendapat kepercayaan dunia internasional. Jawa Timur menjadi tuan rumah pertemuan Organisasi internasional menaungi pakar serta praktisi bidang perencanaan dan permukiman di wilayah Asia-Australasia, Eastern Regional Organization for Planning and Human Settlements (EAROPH). Pembahasannya tentang perkotaan masa depan.

"Senang bisa menjadi tuan rumah dan itu akan dimanfaatkan sebaik-baiknya,” kata Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak pada konferensi pers menjelang "EAROPH World Congress 2022" di Kantor Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur di DKI Jakarta, Kamis sore.

Dia mengatakan Kongres ke-28 tersebut digelar EAROPH bekerja sama dengan Pemprov Jatim serta Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pertemuan diselenggarakan pada 5-7 Oktober 2022 di Kota Surabaya dan dihadiri delegasi berbagai negara tergabung, serta mendatangkan pembicara berkompeten dari dalam maupun luar negeri.

Sejumlah pembicara yang telah terkonfirmasi hadir antara lain dari lembaga pembangunan internasional. Seperti Asian Development Bank, GIZ Jerman, Bank Dunia serta pakar-pakar asal Australia, Pakistan, Filipina dan lainnya.

Emil mengatakan pihaknya berharap pertemuan tersebut menjadi kesempatan untuk melahirkan gagasan-gagasan konkret bagi perkotaan dan permukiman masa depan. "Ini juga kesempatan bagi Jatim untuk menampilkan program-program strategis di bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah," ucap orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut.

Salah satu wilayah yang akan ditunjukkan ke delegasi berbagai negara , kata dia, yaitu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Post Estate (JIIPE) di Kabupaten Gresik yang diharapkan mampu menarik investasi berskala besar. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS