SKK Migas Mendorong HCML Perpanjang Kontrak Madura Straits

Asih - Rabu, 29 November 2023 11:29 WIB
VP Operations HCML, Perkasa Sinagabariang (dua dari kiri) bersama dengan Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Hudi D Suryodipuro (dua dari kanan) memberi keterangan kepada awak media di Metering Station (GMS) HCML, Pasuruan, Jawa Timur

SURABAYA | halojatim.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menilai langkah perpanjangan konsensi Madura Straits PSC milik Husky CHOOC Madura Limited (HCML) harus turut di dorong.

Adapun kontrak HCML yang berlaku saat ini berjangka 20 tahun akan berakhir pada Oktober 2032. Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Hudi Suryodipuro menilai potensi eksplorasi dari lapangan Selat Madura di HCML pada masa mendatang masih terbilang prospektif.

“Harapannya kalau perpanjangan HCML disetujui pemerintah dengan komitmen eksplorasi dilaksanakan dengan baik bisa menambah cadangan untuk bisa disalurkan lagi ke wilayah operasi ini,” katanya di Metering Station (GMS) HCML, Pasuruan, Jawa Timur dilansir Rabu, 29 November 2023.

Termasuk untuk mendorong Pemerintah dalam meningkatkan investasi cadangan migas saat ini lewat investasi eksplorasi lanjutan dari kontraktor kontrak kerja sama (KKKS).

Di sisi lain, Hudi menambahkan, investasi yang telah direalisasikan HCML di Blok Selat Madura belakangan sudah terbilang masif.

Adapun sebelumnya, produksi puncak sales gas HCML saat ini sebesar 250 juta standar kaki kubik per hari (MMscfd) dan merupakan yang terbesar di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

HCML saat ini memiliki tiga lapangan utama yang telah berproduksi, yaitu Lapangan BD, Lapangan 2M, dan Lapangan MAC. Produksi Lapangan BD didukung oleh tiga fasilitas utama, yaitu anjungan sumur lepas pantai (offshore wellhead platform/WHP), gas metering station (GMS) yang terletak di Kota Pasuruan, dan fasilitas produksi terapung, penyimpanan, dan pembongkaran (floating production, storage, and offloading/FPSO).

Sebelumnya, Husky CNOOC Madura Limited (HCML) salah satu Kontraktor Kontrak Kerja Sama SKK Migas mengajukan permohonan perpanjangan kontrak untuk konsesi migas di selat Madura atau Madura Straits PSC pada kuartal I-2024.

VP Operations HCML Perkasa Sinagabariang menyebut, alasan perpanjangan kontrak melihat adanya potensi gas masih tinggi.

Perkasa menyebut, adanya perpanjangan kontrak Blok Madura Strait juga bakal memberikan kepastian penambahan cadangan. Berdasarkan paparan yang ada untuk saat ini jumlah cadangan Blok Madura Strait disebut mencapai 2 triliun cubic feet (tcf). Jumlah ini berpotensi meningkat sekitar 0,5 tcf hingga 1 tcf dengan izin kontrak yang baru.

Namun sayangnya Perkasa belum dapat merinci lebih jauh besaran investasi untuk kontrak bagi hasil yang baru.

Saat ini, total produksi gas bumi HCML dari tiga lapangan gas yang dimiliki mencapai 270 MMSCFD. Ke depannya, perusahaan berencana meningkatkan produksi gas bumi hingga 300 MMSCFD ditopang dari sejumlah lapangan yang kini masih memasuki tahapan pengembangan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 29 Nov 2023

Editor: Asih
Bagikan

RELATED NEWS