SISTEM BUKA TUTUP TOL DI JATIM SAAT ARUS MUDIK

Andri - Minggu, 24 April 2022 23:40 WIB
Exit tol di Kabupaten Ngajuk . Sistem buka tutup akan diberlakukan di ruas tol di Jatim.

SURABAYA I halojatim - Lebaran semakin dekat. Sudah banyak pemudik yang kembali ke kampung halamannya.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur punya cara untuk mengatur mobilisasi massa itu. Mereka akan memberlakukan sistem buka tutup rest area atau tempat beristirahat di jalan tol. Syaratnya apabila sudah terjadi kepadatan di lokasi tersebut saat arus mudik maupun balik dalam rangka Lebaran 2022.

"Ini sebagai salah satu langkah antisipasif-mitigatif agar permasalahan yang terjadi saat arus mudik dan balik dapat teratasi," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kepada wartawan Minggu.

Selain itu, beberapa langkah lainnya, yakni berupa pembayaran tol dengan sistem “jemput bola”. Apabila terjadi kepadatan di gerbang tol, termasuk optimalisasi pembukaan pintu jalan tol.

Kemudian, penerapan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) di titik simpang yang berpotensi kemacetan, serta di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Selanjutnya, untuk pengemudi sepeda motor diarahkan melalui jalur yang sudah ditetapkan bagi pengendara roda dua.

"Sedangkan untuk kawasan atau tempat wisata, dilakukan pengaturan terkait jumlah kapasitas pengunjung serta tempat parkirnya," kata Khofifah.

Dia menyampaikan pihaknya telah melakukan antisipasi penanganan kemacetan di beberapa titik yang menjadi lokasi pasar tumpah. Sementara itu, Pemprov Jatim bersama pihak terkait lainnya sudah melakukan antisipasi terjadinya berbagai permasalahan saat kepadatan arus mudik maupun arus balik Lebaran di wilayah setempat. Mulai dari cuaca buruk dan bencana alam, kemacetan di ruas arteri atau pintu keluar tol, lonjakan penumpang seluruh moda transportasi, lonjakan kunjungan wisata, kesiapan moda angkutan (laik jalan), kerusakan jalan dan jembatan, termasuk lonjakan kasus Covid-19 pascaliburan. (*)

RELATED NEWS