Singkirkan Ratusan Pesaing, Gandrung Sewu dan Banyuwangi Ethno Carnival Masuk List Event Nasional

ifta - Senin, 30 Januari 2023 17:21 WIB
Singkirkan Ratusan Pesaing, Gandrung Sewu dan Banyuwangi Ethno Carnival Masuk List Event Nasional

Banyuwangi, Halojatim.com- Ratusan event unggulan diajukan tiap kabupaten kota ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) agar jadi kegiatan tahunan.

Namun dari jumlah 291 event yang diajukan hanya ada 110 event yang terpilih, dua di antaranya adalah Gandrung Sewu dan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC).

Gandrung Sewu dan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) mampu menyingkrikan pesaingnya untuk masuk list even nasional.

Dilansir dari laman resmi Pemkab Banyuwangi, Gandrung Sewu dan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) secara resmi masuk agenda kalender event nasional tahun ini yakni Karisma Event Nusantara (KEN) 2023.

KEN 2023 diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, di Teater Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sabtu (28/1/2023).

Masuknya Gandrung Sewu dan BEC dalam KEN 2023 melalui proses kurasi dari total 291 event yang diusulkan dari 38 Provinsi di Indonesia.

Dari 291 itu dipilih 110 event unggulan se-Indonesia untuk masuk dalam rangkaian KEN 2023. Gandrung Sewu dan BEC Banyuwangi dipilih setelah melalui proses kurasi oleh Kemenparekraf.

"KEN 2023 merangkum 110 event unggulan se-Indonesia. Dari Jawa Timur terdapat 8 event yang masuk dalam KEN. Banyuwangi satu-satunya kabupaten dengan dua event unggulan yang nangkring di KEN 2023, yakni Gandrung Sewu dan BEC," kata Sandi.

"Banyuwangi sangat cocok bila dijuluki sebagai kabupaten Pioneer of Attraction. Festival di Banyuwangi perlu dicontoh daerah lain. Dengan inovasi baru yang dapat menggerakkan ekonomi kreatif, mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi para pelaku industri kreatif," ungkap Sandi. ***

RELATED NEWS