SGI Tembus Daerah Bencana, Super Strike Banyuwangi Bagikan Daging Kurban ke Para Joki

Asih - Jumat, 15 Juli 2022 19:38 WIB
Pembagian daging kurban yang dilakukan Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) Banyuwangi .

BANYUWANGI | halojatim.com - Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) Banyuwangi sukses menembus wilayah terdampak bencana longsor untuk berbagi daging kurban.

Para komunitas juga membagikan daging kurban untuk para joki pemancing.

Kegiatan ini merupakan program KITA Berbagi 2022 dalam rangka Hari Raya Idul Adha yang mengambil tema Bangkit Bersama Menjadi Pemenang.

Koordinator KITA Berbagi 2022 di Banyuwangi Deni Sugiarto mengatakan ada berbagai komunitas yang terlibat, mereka membagikan ke daerah berdasarkan prioritas.

Seperti misalnya komunitas pecinta alam Superadventure yakni Semut Gunung Indonesia (SGI) Banyuwangi membagikan ke pedesaan kaki Gunung Ijen.

"Pembagian ditujukan ke masyarakat pedesaan kaki Gunung Ijen dan yang terdampak longsor di jalur Ijen. Untuk sampai kesana perlu perjuangan ekstra, saat itu kabut sedang turun, jadi jalan agak gelap, tapi kita bersyukur semua lancar," kata Koordinator KITA Berbagi 2022 di Banyuwangi Deni Sugiarto, Jumat (15/7/2022).

Jika SGI Banyuwangi menembus wilayah terdampak bencana longsor, komunitas Bold Riders lebh memberdayakan warga untuk membuat besek bambu sebagai wadah daging kurban, lalu dibeli oleh mereka.

Ini karena konsep KITA Berbagi 2022 memakai wadah ramah lingkungan. Daging yang sudah ditempatkan di besek ini lalu dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.

Komunitas Bold Riders yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Kracker Banyuwangi, Honda Riders CB150R Banyuwangi, Komunitas Motor Box Banyuwangi, Vamos Rider Banyuwangi, Family Vixion Banyuwangi, CRF Banyuwangi.

Hal berbeda juga dilakukan komunitas para pemancing atau yang biasa disebut Super Strike Banyuwangi.

Mereka membagikan daging kurban untuk para joki pemancing. Komunitas Super Strike yang ikut terlibat aktif dalam KITA Berbagi 2022 di Banyuwangi adalah Generasi Pemancing Kidulan (GPK), Miyabi Fishing, NGEBLOR MANIA, TEKEK FUN FISHING, Rewell Team, CASTINGER MANIA BANYUWANGI, PFC ( PURWO FISHING COMMUNITY), SFM (SUMBERAYU FISHING MANIA), REPUBLIK ANGLER, Pemancing Arus Deras (PAD), BLUNTAK, KFC, WMI MAFIA FISHING, KOMUNITAS PEMANCING KALIBARU, WMI JAWAMI, S.O.J.

Program KITA Berbagi 2022 ini serentak dilaksanakan di 87 kabupaten Kota di Indonesia Timur. KITA Berbagi tahun ini ada 637 ekor sapi dan kambing yang dibagikan ke masyarakat. Untuk Banyuwangi sendari ada lima kambing yang dibagikan.

Pada KITA Berbagi 2022, Kolaborasi KITA mengusung tema Gerakan Ramah Lingkungan. Dimana seluruh komunitas menggunakan wadah nonplastik seperti besek, daun jati, pisang, dan bahan lainnya sebagai tempat daging kurban yang akan diberikan ke masyarakat sekitar.

Pada 2020 dan 2021, Program KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapainnya.

Pada 2021, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak dengan total 13.398 paket kurban.

Tahun ini Kolaborasi berbagai komunitas ini juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Data awal sudah ada 10.583 paket daging kurban yang dibagikan dengan wadah ramah lingkungan. Data ini adalah jumlah sementara dan diperkirakan akan terus bertambah dalam sepekan ke depan.

Editor: Asih

RELATED NEWS