SETIAP JUMAT SISWA SMP DI SURABAYA HARUS BERBAHASA INI

Andri - Rabu, 29 November 2023 19:45 WIB
Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Yusuf Masruh

SURABAYA I halojatim.com- Siswa sekolah menengah pertama (SMP) Negeri di Kota Surabaya bakal fasih berbahasa Inggris. Dinas Pendidikan (Dispendik) setempat mengeluarkan himbauan agar mereja membiasakan menggunakan Bahasa Inggris dalam interaksinya setiap hari Jumat.

"Kami bisa terapkan pada hari Jumat. Karena Jumat itu kegiatan anak-anak sudah lumayan longgar sehingga lebih leluasa untuk berkomunikasi antar teman. Alhamdulillah saya sudah koordinasi dengan teman-teman kepala sekolah, dan responnya bagus," kata Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Yusuf Masruh dalam keterangannya di Surabaya.

Dia mengatakan pada implementasi sehari Berbahasa Inggris nanti dibangun oleh anak-anak ketika berkomunikasi antarteman. Harapannya, kosakata mereka akan bertambah.

"Semakin banyak kosakata, semakin mereka lancar Berbahasa Inggris. Jam pelajaran Bahasa Inggris juga akan dimaksimalkan," katanya.

Meski demikian, kata dia, untuk menggugah kebiasaan berbahasa asing, sementara waktu pihaknya tidak mempermasalahkan penggunaan tata bahasa atau grammar. Sebab, Dispendik Surabaya ingin menggugah ketertarikan siswa dalam meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

"Mulai dari sederhana seperti good morning (selamat pagi), nanti akan tertata sendiri. Nanti guru-guru pun akan tertarik dan terlatih," katanya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya meminta Dispendik Surabaya untuk memperhatikan kesiapan sekolah dalam membudayakan kebiasaan sehari Berbahasa Inggris di ruang pendidikan Kota Surabaya. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS