SEMBAKO BAGI WARGA YANG MAU BOOSTER

Andri - Sabtu, 23 Juli 2022 00:25 WIB
Warga mendapat sembako setelah vaksinasi booster

SURABAYA I halojatim.com - Tingkat warga yang sudah melakukan vaksinasi ketiga atau booster masih rendah. Untuk itu, sebuah cara dilakukan untuk menarik warga. Pemerintah Kota Surabaya memberikan sembako saat vaksinasi di Tanah Kali Kedinding.

"Ini sebagai upaya untuk menarik minat warga melakukan vaksinasi penguat," kata Lurah Tanah Kali Kedinding Kota Surabaya Anggoro Himawan.

Ia mengatakan pihaknya ingin memberikan kemudahan bagi warga dalam mengakses layanan vaksinasi. Sehingga digelar pada malam hari setelah warga pulang kerja.

"Kalau pagi hingga sore, masyarakat masih sibuk bekerja. Kalau malam mereka banyak waktu luang. Apalagi, dengan doorprize, warga semakin tertarik mengikuti vaksinasi," kata Anggoro.

Selain digelar pada malam hari, pelaksanaan vaksinasi penguat ini juga dilakukan secara bergantian di setiap Balai RW di Kelurahan Tanah Kali Kedinding.Selama dua pekan digelar setiap hari paling tidak ada 150-200 warga yang mengikuti vaksinasi penguat tersebut.

"Setiap malam, ada satu atau dua RW di wilayah kami yang menggelar vaksinasi dosis ketiga. Kegiatan ini biasanya didominasi oleh ibu-ibu, karena mereka tertarik dengan hadiah berupa 1 liter minyak goreng atau 1 kg gula pasir dan telur ayam," kata dia.

Pemilihan undian berupa sembako ini tidak asal pilih. Sebab, per lima warga yang mendaftar vaksinasi, baru dilakukan undian. Setiap undian, satu jenis sembako akan diberikan kepada warga. Sembako yang diberikan berasal dari sumbangan warga sekitar.

"Selain ada peraturan kewajiban vaksinasi penguat untuk aktivitas warga di ruang publik, kegiatan ini juga didukung oleh masyarakat sekitar dengan menyumbangkan sembako untuk undian. Setiap malam, kami menggelontorkan sekitar 10-15 item sembako, masing-masing warga mendapat satu item sembako dari hasil undian," kata dia.
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya meminta lurah dan camat untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 dengan menyediakan vaksinasi penguat di setiap balai RT/RW di Kota Surabaya. Kata Eri, pelaksanaan vaksinasi penguat kali ini menjadi salah satu upaya Pemerintah Kota Surabaya mencegah penyebaran COVID-19 varian baru. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS