Sejarah Kertas, Melintasi Berbagai Zaman, Bermula dari China

ifta - Senin, 01 Januari 2024 13:24 WIB
Kertas

Halojatim.com - Negara China mengukuhkan diri sebagai salahsatu negara yang memiliki kemajuan lebih awal dibanding negara-negara besar lainnya.

Peradaban China menjadi salahsatu yang tertua di antara negara-negara seperti dari Eropa, Afrika atau Amerika.

Salahsatu bukti kemajuan peradaban negara China adalah ditemukannya kertas di kawasan tersebut.

Kertas ditemukan ratusan tahun sebelum masehi, atau sebelum manusia banyak terpapar dengan kemajuan zaman di masanya.

Dilansir dari Ensiklopedia Britanica, asal mula penggunaan kertas dapat ditelusuri kembali ke Dinasti Han di China sekitar 200 tahun sebelum Masehi. Di sinilah kertas pertama kali diproduksi dengan memanfaatkan bahan dasar seperti serat tumbuhan, termasuk serat rami, kapas, dan bambu.

Proses pembuatan kertas pada awalnya melibatkan pencampuran serat-serat tersebut, menghasilkan bahan yang kemudian diproses menjadi lembaran tipis yang siap untuk menampung tulisan atau gambar.

Penggunaan kertas sebagai media tulis menyebar secara perlahan melintasi perbatasan negara. Pada tahun 751, teknik pembuatan kertas mencapai Asia Tengah melalui perang. Dinasti Tang membawa rahasia pembuatan kertas ke negara negara di sekitarnya.

Bagdad menjadi salah satu titik penting dalam perjalanan kertas pada tahun 793, ketika pembuatan kertas menjadi terkenal di sana. Di Timur Tengah, teknik pembuatan kertas diperkenalkan oleh bangsa Arab pada abad ke-8, setelah bangsa Arab menyerap pengetahuan pembuatan dan penggunaan kertas dari peradaban China yang maju

Hal ini membawa kertas menjadi alternatif yang lebih ringan dan lebih mudah digunakan daripada bahan untuk menulis sebelumnya, seperti kulit hewan atau bahan tanah liat.

Penggunaan kertas kemudian tiba di Eropa melalui proses perdagangan dan kontak antarbangsa. Pada Abad Pertengahan, pembuatan kertas di Eropa mengalami perkembangan pesat. Penggunaan kertas mulai meluas, dari pemakaian dalam bidang tulis-menulis hingga kebutuhan administrasi dan industri.

Berkembangnya cetakan buku-buku pada abad ke-15 di Jerman oleh Johannes Gutenberg dengan menggunakan mesin cetak berbasis kertas mempercepat penyebaran ilmu pengetahuan dan budaya di seluruh Eropa.

Pada zaman modern, kertas menjadi salah satu bahan penting dalam industri percetakan, media, dan kemasan. Seiring teknologi berkembang, kertas masih menjadi media yang digunakan dalam pencatatan data, cetakan buku, majalah, koran, dan masih banyak lagi. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Muhammad Imam Hatami pada 31 Dec 2023

RELATED NEWS