ROTASI SEMBILAN KEPADA DINAS DI PENGHUJUNG 2023

Andri - Jumat, 29 Desember 2023 23:50 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat serah terima kepala dinas

SURABAYA I halojatim.com - Ada rotasi kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Kota Surabaya jelang tutup tahun 2023. Jumlahnya tak sedikit.

"Ada sembilan kepala OPD eselon dua yang juga berputar posisi," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Kesembilan kepala OPD adalah Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Syamsul Hariadi yang bergeser menjadi Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM). Kemudian, Lilik Arijanto yang sebelumnya Kepala DSDABM, dirotasi menjadi Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan, menggantikan Irvan Wahyudrajad yang didapuk sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan. Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Wiwiek Widayanti dipindah posisinya sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

Jabatan Kepala Disbuporapar diisi oleh Hidayat Syah yang sebelumnya memegang jabatan Kepala Badan Pendapatan Daerah. Posisi Hidayat digantikan Febriana Kusumawati yang sebelumnya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan. Selanjutnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Laksita Rini Sevriani bergeser menjadi Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), menggantikan Dedik Irianto yang kini menduduki posisi Kepala Dinas Lingkungan Hidup. Dedik Irianto menggantikan posisi Agus Hebi Djuniantoro yang berpindah tugas sebagai Kepala BPBD.

Selain penyegaran organisasi, Eri Cahyadi menyebut rotasi pimpinan OPD merupakan upaya penguatan kinerja kedinasan. Kesembilan pucuk pimpinan instansi baru itu juga dinilai mempunyai kinerja bagus sepanjang tahun 2023.

"Sebelum setahun kalau kinerjanya bagus bisa diputar tempat lainnya untuk meningkatkan performa di tempat yang baru," kata Eri.

Selain sembilan kepala OPD, Wali Kota Surabaya juga melakukan rotasi 222 orang pejabat lainnya, baik di tingkat kedinasan, kecamatan, maupun kelurahan. Eri pun berpesan kepada seluruh pejabat struktural agar meningkatkan kinerja dan bertanggung jawab pada setiap tugas di lingkungan yang baru.

"Teman-teman yang saya lantik hari ini apakah itu lurah, camat, kepala seksi, kepala bagian dan kepala dinas, pemimpin itu harus memiliki jiwa santun dan adem, tetapi tetap tegas," katanya. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS