Riset: 4 Minuman Populer Ini Bisa Merusak Ginjal, Ini Daftarnya

ifta - Rabu, 29 November 2023 06:45 WIB
4 Minuman Populer yang Dapat Merusak Ginjal, Waspada! (Freepik)

JAKARTA, Halojatim.com- Kini banyak beredar di pasaran minuman yang ternyata dalam jangka panjang bisa merusak ginjal.

Minuman ini sangat mudah didaoatkan di toko-toko kelontong sampai di mini market di penjuru Indonesia.

Bahkan jika minuman ini dikonsumsi setiap hari dapat menimbulkan efek samping yang serius pada ginjal, yang akhirnya berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal parah seiring berjalannya waktu.

Berikut beberapa minuman yang dapat berdampak buruk untuk kesehatan ginjal.

1. Soda

Jika Anda ingin mencegah terjadinya kerusakan ginjal, maka sebaiknya Anda menghentikan konsumsi soda yang diberi tambahan gula atau pemanis dari sekarang.

Seperti yang dilansir dari Eat This pada Selasa, 28 November 2023, sebuah studi pada tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology menemukan bahwa di antara 2.382 peserta dalam studi Tehran Lipid dan Glukosa, mereka yang minum lebih dari empat soft drink bergula dalam seminggu memiliki risiko dua kali lipat terkena penyakit ginjal dibandingkan mereka yang hanya minum setengahnya atau bahkan kurang di setiap minggunya.

2. Diet Soda

Minum diet soda juga tidak lebih baik daripada mengonsumsi minuman yang ditambahkan gula atau sirup jagung fruktosa dalam hal kesehatan ginjal Anda. Menurut sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam Clinical Journal of American Society of Nephrology, di antara 3.318 peserta wanita dalam Nurses’ Health Study, mereka yang minum dua atau lebih soda dengan pemanis buatan sehari dua kali lebih mungkin mengalami penurunan fungsi ginjal.

3. Jus Kemasan

Jus kemasan memiliki kandungan gula yang tinggi dan kalori yang banyak sehingga dapat memperburuk kesehatan ginjal Anda. Diketahui individu yang meminum minuman mais memiliki tingkat penyakit ginjal kronis yang jauh lebih tinggi daripada mereka yang jarang mengonsumsi minuman manis.

4. Minuman Beralkohol

Jika Anda rutin minum minuman beralkohol, kesehatan hati dan ginjal Anda dapat terganggu. Sebuah studi perbandingan yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology Dialysis Transplantation menemukan bahwa di antara kelompok yang terdiri dari 6.259 orang dewasa yang melaporkan dirinya sebagai peminum berat memiliki tingkat albuminuria yang jauh lebih tinggi. Kandungan albuminuria yang tinggi tersebut adalah indikator kandungan protein albumin dalam urin seseorang dan tanda bahwa telah terjadi penyakit ginjal. ***

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 28 Nov 2023

Bagikan

RELATED NEWS