RAWON ENAK BUKAN HANYA DI SURABAYA

Andri - Senin, 09 Januari 2023 23:25 WIB
Pembeli memenuhi Warung Rawon Majapahit

SIDOARJO I halojatim.com - Rawon menjadi salah satu masakan khas Jawa Timur. Banyak yang mengenal, masakan olahana daging sapi dengan kuah gelap itu yang enak ada di Kota Surabaya. Padahal, di Kabupaten Sidoarjo juga ada yang tak kalah lezatnya. Di mana saja itu?

1. Rawon Majapahit
Sesuai dengan namanya, tempat berjualan Rawon Majapahit ada di jalan utama Mojopahit yang membela Kota Sidoarjo. Tempat ini buka dari pagi jam 10.00 WIB hingga tengah malam. Rasanya sangat lezat dengan daging yang diolah empuk sehingga memudahkan untuk dimakan.
Ada juga menu lauk tambahan, telor asing dan kerupuk udang. Jadi Anda tak perlu takut kelaparan karena tak bisa makan rawon malam hari kalau sedang berada atau lewat di Kota Sidoarjo.
Harganya antara Rp 20.000 hingga Rp 30.000. Tidak terlalu mahal dan cukup dengan kantong kita.

2. Rawon Gajah Mada
Penamaan ini juga sesuai dengan lokasi di mana rawon tersebut berada. Jaraknya dengan Majapahit tak jauh. Keduanya juga punya pelanggan sendiri-sendiri. Selera pembeli yang memilih hendak ke mana mereka akan menyantap rawon.
Di Rawon Gajah Mada, ada juga menu daging suwir. Jadi rawon bukan hanya berbentuk daging utuh tapi juga ada yang dipotong-potong.
Harganya pun standar. Rp 20.000 hingga Rp 30.000 tiap seporsi piring.

3. Rawon Waru
Hanya ini beda dengan namanaya. Lokasinya di jalan masuk Jalan Gajah Mada. Bahkan pemilik yang sekarang sudah keturunan ketiga. Bisa dikatakan Rawon Waru ini termasuk tertua di Sidoarjo.
Dinamakan Waru karena dulu warung ini lokasinya di sebuah pohon waru. Hanya pelabaran jalan Gajah Mada membuat tempat berjualan pindah lebih dalam. Hanya para pelanggan yang sering datang ke Warung Waru ini.
Harganya lebih murah dibandingkan dengan dua tempat yang disebut di atas. Hanya secara rasa, tak kalah. Bahkan ada yang menyebutnya Rawon Waru adalah rasa rawon tempo dulu.

Editor: Andri

RELATED NEWS