Ratusan Warga di Kota Malang Kini Bsa Nikmat Listrik 24 Jam

ifta - Kamis, 19 Oktober 2023 15:20 WIB
Petugas PLN

MALANG, Halojatm.com- Ratusan warga prasejahtera di Kota Malang Jawa Timur kini bisa menikmati listrik 24 jam.

Sebanyak 453 warga prasejahtera di Malang ini mendapatkan sambungan listrik dari PT PLN (Persero).

Kali ini salurkan program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) secara gratis untuk warga prasejahtera di Malang, Jawa Timur. Sebanyak 453 warga kini telah merasakan fasilitas listrik selama 24 jam yang disalurkan pada 15 Oktober 2023.

Melansir keterangan resmi, Anggota DPR RI Komisi VII, Ridwan Hisjam berharap program BPBL akan terus berkelanjutan dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat yang membutuhkannya. Ridwan percaya bantuan listrik yang diberikan memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Ida Nuryatin Finahari menjelaskan BPBL merupakan sebuah program bantuan yang digagas oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang ditujukan kepada masyarakat yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau yang tinggal di wilayah 3T (terluar, terdepan, dan tertinggal), serta berdasarkan rekomendasi dari Kepala Desa atau Lurah setempat.

Tahun ini, program tersebut menargetkan memberikan bantuan kepada 125 ribu rumah tangga kurang mampu di seluruh Indonesia yang belum memiliki akses listrik.

“Bantuan yang diberikan dalam program ini berupa instalasi rumah 3 titik lampu, 1 stop kontak, pemasangan, pemeriksaan dan pengujian instalasi Sertifikat Laik Operasi (SLO), biaya penyambungan pelanggan daya 900 Volt Ampere (VA) dan token perdana Rp100 ribu,” jelas Ida.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Agus Kuswardoyo menyampaikan bantuan BPBL untuk Kota Malang telah berhasil seluruhnya disalurkan. Agus merinci, hingga 13 Oktober 2023 PLN UID Jawa Timur telah merealisasikan bantuan BPBL bagi 18.293 rumah tangga prasejahtera di Jawa Timur dari total target 20.250 penerima bantuan.

“Untuk Kota Malang 100% selesai sebanyak 2.113 rumah tangga. Semoga bermanfaat dan mampu meningkatkan produktivitas masyarakat,” ujar Agus Kuswardoyo.

Agus melanjutkan, pihaknya akan terus bekerja keras untuk menyelesaikan program BPBL di Provinsi Jawa Timur. Untuk mencapai target tersebut, PLN akan terus menggenjot penyaluran program dengan bekerja sama baik dari pemerintah setempat mau pun para pemangku kepentingan.

”Kami akan bekerja keras dalam menuntaskan program BPBL di Provinsi Jawa Timur, dan kami berharap bantuan yang diberikan dapat termanfaatkan secara optimal sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Jawa Timur,” tutup Agus.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 19 Oct 2023

Bagikan

RELATED NEWS