Ratusan Sapi Bakal Ikuti Lomba Karapan di Probolinggo Berhadiah Rp45 Juta, Ini Waktunya

ifta - Kamis, 22 September 2022 22:54 WIB
Dokumentasi karapan sapi/Foto ANTARA

Probolinggo, Halojatim.com- Lebih dari 100 sapi akan diikutkan dalam lomba kerapan sapi Piala Bupati Probolinggo 2022 bertempat di Lapangan Desa Tempuran Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Lomba kerapan ini digelar untuk tetap menghidupkan tradisi yang sudah melekat di berbagai daerah seperti di Madura, Probolinggo, Jember dan Lumajang.

Hadiah yang diperebutkan ini total mencapai Rp45 juta plus mendapatkan piala bergengsi.

Hingga saat ini total ada 96 pasang sapi bakal meramaikan lomba kerapan sapi Piala Bupati Probolinggo 2022.

Lomba ini akan dilangsungkan di Lapangan Desa Tempuran Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo pada Sabtu dan Minggu 25 September 2022 lusa.

Lomba yang digelar oleh Paguyuban Kerapan Sapi Kabupaten Probolinggo ini dibagi dalam 2 kategori meliputi kategori besar dan kategori kecil.

Untuk kategori besar diikuti 48 pasang sapi dan kategori kecil diikuti 48 pasang sapi.

Total lomba ini diramaikan oleh 192 ekor sapi. Mereka berasal dari Madura, Probolinggo, Jember dan Lumajang.

Dalam lomba kerapan sapi yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp 45 juta ini, panitia juga menggelar lomba foto kerapan sapi. Total hadiah yang disediakan untuk lomba foto ini sebesar Rp 5,5 juta.

Ketua panitia Imam Syafi’i mengatakan lomba kerapan sapi Piala Bupati Probolinggo tahun 2022 ini dilakukan dalam rangka untuk melestarikan budaya kerapan sapi.

“Meski bukan budaya asli Probolinggo dan budaya asli Madura, tetapi orang Probolinggo adalah pendalungan Jawa Madura. Jadi reuni budaya tradisionalnya,” katanya.

Menurut Imam, panitia memang membatasi untuk jumlah pesertanya. Sebab jika tidak dibatasi maka akan lebih dari 96 pasang sapi besar dan kecil. Kemungkinan juga tidak akan selesai 2 hari jika tidak dibatasi pesertanya. (ANTARA) ***

RELATED NEWS