POSISI AJI SANTOSO BISA DIGOYANG

Andri - Minggu, 30 Juli 2023 22:30 WIB
Aji Santoso saat memberikan instruksi dalam latihan Persebaya

JAKARTA I halojatim.com - Posisi Aji Santoso sebagai pelatih Persebaya Surabaya bakal kembali digoyang. Kekalahan dari Persija Jakarta membuat kemampuannya diragukan.

Bagaimana tidak, di tangan Aji di Liga 1 2023/2024, Persebaya baru sekali memetik satu kali kemenangan dari lima pertandingan. Tiga angka tersebut didapat ketika mempermalukan tuan rumah Persis Solo di Stadion Manahan, Solo, pada 1 Juli 2023. Tapi setelah itu, kemenangan tidak pernah datang.

Dua kali di kandang, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Persebaya hanya mampu bermain imbang. Pada 8 Juli 2023 ditahan imbang Barito Putera 1-1 dan RANS Nusantara FC pada 23 Juli. Saat ke kandang PSIS di Semarang, 16 Juli 2023 Persebaya kalah 0-2. Satu kekalahan dari dialami dari Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 0-1 pada Minggu malam (30/7/2023).

Sebenarnya, Aji sempat mendapat sorotan setelah gagal mempersembahkan kemenangan dalam tiga pertandingan terakhir. Hanya, pihak manajemen kemudian memanggil Aji dan tetap mempercayakan posisi pelatih kepala kepadanya.

Sejak 2019, Aji menjadi pelatih Persebaya di Liga 1. Namun, selama rentang itu, dia belum pernah mempersembahkan gelar juara.

Bahkan, peringkat di klasemen akhir mengalami penurunan. Dia musim 2019-2020, Persebaya menduduki posisi kedua. Namun, itu gagal diulangi di musim-musim berikutnya.

Kekalahan dari Persija membuat Persebaya ada di peringkat ke-15 atau satu tingkat di atas zona degradasi. Hasil yang sebenarnya cukup mengecewakan dan di luar dugaan.

Pertandingan berikutnya, Persebaya akan menjamu Persikabo Kabupaten Bogor diStadion Gelora Bung Tomo pada 4 Agustus 2023. Posisi Persikabo tepat di bawah Persebaya di klasemen sementara.

Sebaliknya, kemenangan Persija membuat mereka ada di posisi kelima. Dari lima pertandingan, Persija 2 kali menang, 2 kali seri, dan sekali kalah. Dengan nilai 10, Macan Kemayoran akan memanaskan persaingan di papan atas Liga 1. (*)

RELATED NEWS