PLH GUBERNUR JATIM PANTAU LANGSUNG PEMBERSIHAN SUNGAI DI SIDOARJO

Andri - Kamis, 15 Februari 2024 23:25 WIB
Plh Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono memantau langsung proses pembersihan sungai di Sidoarjo dari enceng gondok

SIDOARJO I halojatim.com - Plh Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono memantau langsung proses pembersihan sungai di Sidoarjo dari enceng gondok. Ini sebagai operasi tanggap darurat terhadap banjir yang terjadi di wilayah itu pada 5 Februari 2024.

"Ini adalah operasi tanggap darurat bencana banjir di kawasan sekitar Sidoarjo. Kita bersama melanjutkan pembersihan eceng gondok di jalur Kali Buntung supaya air dapat mengalir dan tidak tergenang dari hulu ke hilir karena koloni eceng gondok yang menutupi permukaan sungai," katanya di Sidoarjo Kamis.

Di dampingi Pj Sekda Kabupaten Sidoarjo Andjar Surjadianto, dan jajaran Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Jatim, peninjauan pembersihan sungai dari eceng gondok dimulai dari pos Susur Sungai Segoro Tambak menggunakan perahu karet. Dalam peninjauan ini, dari total 5 kilometer aliran yang tertutup eceng gondok.

''Di mana sepanjang 1,4 kilometer telah dibersihkan menggunakan satu buah eskavator," katanya.

Ia bersama rombongan memecah kumpulan eceng gondok yang tumbuh setinggi setengah meter dan menahan laju aliran sungai. Di mana tampak juga sisa-sisa eceng gondok yang telah diurai dengan eskavator di muara sungai.

Dengan menggunakan perahu karet dirinya kemudian melanjutkan peninjauan ke hilir Kali Buntung di Bungurasih. Pada titik ini juga telah disiapkan berbagai alat berat untuk pembersihan eceng gondok. Dengan rincian 1 unit excavator standart PC 200, 1 unit eskavator standar PC 75, 1 unit pontoon Dinas PU Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo, dan 4 unit truk jungkit dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS