Pilihan Liburan Edukasi Akhir Pekan, Ada Festival Brantas di Kediri

ifta - Kamis, 27 Oktober 2022 18:13 WIB
Festival Brantas di Kediri bisa menjadi alternatif liburan edukasi untuk semua umur. Acara mulai Kamis (27/10) hingga Sabtu akhir pekan ini.

Kediri, Halojatim.com- Festival Brantas di Kediri bisa menjadi alternatif liburan edukasi untuk semua umur.

Festival Brantas ini secara resmi dibuka pada Kamis (27/10) dan akan berlangsung hingga akhir pekan mendatang.

Festival Brantas ini akan diisi dengan berbagai macam hiburan serta pertunjukan menarik untuk semua umur.

Festival yang berakhir hingga Sabtu (29/10) ini diisi dengan lomba mewarnai, pagelaran wayang cilik, lomba bercerita, lomba essai, pemutaran film, lomba minidrama, pawai, dan diskusi soal lingkungan.

Sungai Brantas menjadi ‘sumber kehidupan’ bagi masyarakat di sekitarnya. Mulai dari jalur perdagangan hingga sumber irigasi pertanian.

Namun, seiring bertambahnya waktu kesadaran manusia untuk menjaga kelestarian ekosistem di sungai Brantas semakin tergerus.

Berangkat dari urgensi tersebut, DLHKP bersama komunitas pemerhati lingkungan yang tergabung dalam Forum Kali Brantas menggelar festival Brantas, Kamis, (27/10).

Berlokasi di taman Sekartaji, kegiatan ini membawa misi keberlangsungan lingkungan hidup terutama di lingkungan ekosistem sungai Brantas.

Ketua panitia festival Brantas Azis mengatakan kegiatan ini sebagai pemantik warga Kediri raya untuk lebih peduli dengan sungai Brantas.

“Sejak zaman dahulu sungai Brantas ini banyak dimanfaatkan untuk kehidupan, sampai sekarang pun juga masih dimanfaatkan. Perlu diketahui bahwa di daerah hilir sungai Brantas ini dimanfaatkan oleh PDAM untuk memproduksi air minum”, tuturnya.

“Kota Kediri termasuk daerah hulu sungai Brantas, jadi kita harus menjaganya tetap bersih. Selain untuk keberlangsungan lingkungan juga sebagai bentuk tindakan kemanusiaan,” ungkapnya. ***

RELATED NEWS