Pernah dengar Istilah Mindfulness? Cara Ini Bisa Menjaga Kesehatan Mental Anda

ifta - Kamis, 29 Juni 2023 18:37 WIB
Manfaat Mindfulness untuk Menjaga Kesehatan Mental
(Manfaat Mindfulness untuk Menjaga Kesehatan Mental_Freepik.com)

JAKARTA, Halojatim.com — Pernah dengar istilah Mindfulness. Ya istilah ini memiliki arti kesadaran sepenuhnya terhadap situasi sekarang, dengan penerimaan yang tanpa menghakimi.

Mindfulness ini bisa membuat hidup lebih enjoy dan lebih mensuyukuri apa yang dimiliki.

Dalam praktiknya, Mindfulness dapat membantu menerima dan mengatasi pikiran, perasaan, maupun sesuatu yang mengganggu dan menyakitkan. Lantas, apa saja manfaat dari mindfulness bagi Kesehatan mental?

Manfaat Mindfulness Bagi Tubuh dan Pikiran

(Self Love Adalah Salah Satu dari Manfaat Mindfulness_Freepik.com/wayhomestudio)

Berikut ini merupakan manfaat mindfulness bagi tubuh dan pikiran:

1. Mengurangi Stres

Mindfullnes adalah bentuk perhatian tanpa adanya menghakimi. Dengan memusatkan perhatian pada momen saat ini, Anda dapat mengurangi ketakutan, kecemasan, dan kekhawatirang yang terjadi di masa lalu atau masa depan. Di sini Anda dapat menghargai apa ang kita mikiki pada saat ini.

Berlatihlah mindfulness agar dapat membantu Anda menjadi lebih sadar terkait pikiran dan perasaan, dan juga dapat mengelolanya dengan cara yang lebih positif. Mengontrol pikiran juga perasaan dapat membantu mengurangi kadar stres dan kecemasan.

2. Mencintai Diri Sendiri

Self love itu penting, hal ini bukan berarti Anda egois dan bersikap acuh atau tidak peduli dengan orang lain. Maksudnya di sini adalah menghargai dan menyayangi diri sendiri apa adanya, terlepas dari kekurangan yang Anda miliki. Dengan metode mindfulness ini tentu dapat meningkatkan rasa percaya diri.

3. Menikmati Hidup

Memang benar adanya, bahwasanya memikirkan masa lalu yang buruk akan membuang-buang energi, sehingga dapat memicu stress. Oleh sebab itu, melatih pikiran dengan metode mindfulness akan merasa jauh lebih tenang dan tidak mudah stress, pikiran terbuka, lapang dada, serta dorongan untuk melakukan hal yang terbaik.

4. Meningkatkan Suasana Hati

Melakukan praktik ini dapat menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap suasana hati dan memori kerja, yang memungkinkan Anda untuk mengambil keputusan dan penyimpanan informasi. Berlatih mindfulness juga memungkinkan untuk tetap tenang, mengendalikan emosi dalam menghadapi masalah.

5. Meningatkan Kreativitas

Faktor utama yang menentukan tingkat kreativitas seseorang adalah pemikiran berbeda yang ditandai dengan munculnya berbagai ide dan memantapkan ide-ide tersebut menjadi satu konsep yang cemerlang. Dengan menerapkan mindfulness, secara signifikan dapat meningkatkan kreativitas melalui adanya pemikiran-pemikiran tersebut.

6. Melatih Pikiran dan Tetap Fokus

Jika Anda saat ini masih sering melakukan sesuatu dengan buru-buru, mulai saat ini jalankan dengan lebih santai namun tetap fokus. Meski hal ini sulit dilakukan, setidaknya luangkan sedikit waktu untuk menikmati keadaan sekitar dengan kelima indra yang Anda miliki. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 29 Jun 2023

Bagikan

RELATED NEWS