PERNAH BAWA KLUBNYA JUARA LIGA JEPANG

Andri - Rabu, 08 Maret 2023 08:59 WIB
Theerathon Bunmathan ketika membela Yokohama Marinos

SURABAYA I halojatim.com - Theerathon Bunmathan bukan sembarang pesepak bola dari Thailand. Kalau isu terealisasi, Persebaya Surabaya tentu akan menjadi kesebelasan tangguh dan punya kans besar menjadi juara kompetisi liga teratas.

Siapa dia? Theerathon Bunmathan merupakan salah satu pemain tengah terbaik Asia. Dua nenjadi pemain Thailand pertama yang merasakan juara kompetisi liga Jepang, J League. Pemain berusia 32 tahun tersebut 'terdampar' di Jepang pada 2018 setelah dipinjamkan dari klub lamanya, Muangthong United. Di Jepang, dia bermain bersama pemain-pemain papan dunia seperti Lucas Podolski dari Jerman dan duo Spanyol, David Villa, Andres Iniesta.

Pada Januari 2019, Yokohama F. Marinos berganti meminjam Theerathon dari Muangthong United di J.League musim 2019. Maret 2019, Theeraton menjadi starter saat Yokohama berjumpa dengan lawan berat Kawasaki Frontale. Pertandingan ini berakhir imbang 2–2.

Masuk jajaran starter menjadikan Theerathon pada Juli 2019 masuk Pemain Pekan ini di J.League. Dia dinilai membantu Yokohama mengalahkan Vissel Kobe, tim lamanya, dengan skor 2–0. Pada 31 Agustus 2019, Theerathon mencetak gol pertamanya di liga dan membawa Yokohama mengalahkan Gamba Osaka 3–1 dan 7 December 2019, di laga akhir musim, Theerathon mencetak satu gol dan memberikan umpan menjadi gol ketika Yokohama menang 3–0 atas FC Tokyo dan menjadi pemain Thailand pertama yang menjadi juara J.League.

Hasil yang membuat Theerathon dikontrak permainan Yokohama. Pada akhir musim 2020, Theerathon masuk Tim Asia 2020 bersama Takumi Minamino, Son Heung-min, and Sardar Azmoun serta menjadikan dia sebagai satu-satunya pemain dari Asia Tenggara masuk XI Pemain Terbaik Asia. Pada December 2021, Theerathon kembali ke klub lamanya, Buriram United.

Editor: Andri

RELATED NEWS