Perhatikan Hal Ini Saat Merencanakan Dana Pendidikan Anak

Asih - Senin, 28 Agustus 2023 20:23 WIB
Orang Tua Wajib Simak! Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Merencanakan Dana Pendidikan Anak (Unsplash / Gety )

JAKARTA | halojatim.com - Sebagai orang tua, Anda tentu berharap dapat menjamin masa depan yang cerah untuk anak-anak Anda.

Termasuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki dengan memberikan kualitas pendidikan terbaik.

Sayangnya, biaya pendidikan semakin meroket dari tahun ke tahun. Hal ini tentu tak boleh menjadi hambatan Anda dalam memberikan pendidikan terbaik untuk anak. Penting bagi Anda untuk melakukan strategi-strategi sehingga tujuan menyiapkan dana pendidikan Anak dapat terpenuhi.

Dikutip dari Forbes, berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan saat menyiapkan dana pendidikan anak.

Biaya Sekolah

Biaya utama untuk memulai perencanaan pendidikan adalah biaya sekolah terutama kuliah. Besaran biaya kuliah tergantung pada beberapa faktor seperti negara yang dipilih, universitas, peringkat universitas, program studi yang dipilih, dan sejenisnya.

Biaya kuliah terus meningkat dari tahun ke tahun, hal ini yang kemudian menyulitkan orang tua untuk membiayai sekolah anaknya.

Biaya Hidup

Ketika anak-anak berencana sekolah ke kota lain atau bahkan ke luar negeri, sebagian besar biaya pendidikan mereka digunakan untuk biaya hidup. Pengeluaran ini termasuk sewa tempat tinggal, biaya belanja bulanan, biaya makanan, tagihan air, listrik, paket internet dan sejenisnya. Biaya tambahan juga termasuk biaya asuransi kesehatan untuk anak Anda.

Harga sewa tempat tinggal seperti kos, apartemen, dan kontrakan juga mengalami kenaikan dari tahun ke tahun dan akan terus meningkat di masa mendatang. Hal inilah yang penting untuk diantisipasi oleh orang tua.

Biaya Perjalanan

Biaya lain yang harus Anda persiapkan namun kerap luput adalah biaya perjalanan baik internasional maupun domestik. Tiket perjalanan ke kota atau negara tujuan tentu membutuhkan biaya yang tidak murah.

Jangan lupakan juga ketika anak Anda ingin pulang ke rumah untuk berlibur atau menghadiri acara keluarga. Beragam biaya perjalanan ini perlu Anda perhatikan dan siapkan dengan sungguh-sungguh.

Pengeluaran Lain-Lain

Seiring kegiatan kuliah anak Anda, mungkin akan ada pengeluaran lain seperti jalan-jalan bersama teman, membeli buku, bahan belajar atau alat tulis. Biaya tambahan untuk pengeluaran lain-lain harus selalu dijaga.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 28 Aug 2023

Editor: Asih

RELATED NEWS