PERCANTIK TEMPAT WISATA UNTUK SAMBUT PIALA DUNIA U-20

Andri - Kamis, 19 Januari 2023 00:25 WIB
Susur Kali Mas menjadi destinasi wisata baru Kota Surabaya

SURABAYA I halojatim.com - Piala Dunia U-20 semakin dekat. Rencananya, kejuaraan itu akan dilaksanakan pada Mei 2023. Surabaya adalah salah satu kota penyelenggara.

Pemkot Surabaya tak hanya mau sukes di lapangan. Tapi juga di luar lapangan. Untuk itu. sejumlah destinasi wisata di Kota Surabaya mulai dipercantik Piala Dunia U-20.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati di Surabaya mengatakan destinasi wisata yang dipercantik di antaranya wisata susur Sungai Kalimas, Kya-kya, Alun-Alun Surabaya, Tugu Pahlawan, dan Tunjungan Romansa. "Tahun ini, kami lebih banyak penguatan. Seperti susur Kalimas itu kami tingkatkan daya tariknya dengan menambah rute, yang tadinya dari Monumen Kapal Selam hingga Museum Siola, kini diperpanjang sampai ke kawasan Peneleh," kata dia.

Selain susur Sungai Kalimas, ia menyebutkan, akan mempercantik kawasan Kya-Kya untuk meningkatkan daya tarik wisatawan sekaligus mengembangkan industri wisata di "Kota Pahlawan" --sebutan Kota Surabaya-- itu. Selain di kawasan Kya-kya, wisata religi Ampel juga sedang proses pembangunan.

Dalam waktu dekat Disbudporapar Surabaya bakal menginisiasi wisata kawasan Eropa, meliputi gedung-gedung kuno di sekitar Jembatan Merah, Taman Jayengrono, Gedung Cerutu, Jalan Mliwis, pabrik sirup tertua di Surabaya, Kantor Polrestabes hingga Gedung Singa. "Nah, wisata-wisata itu ke depannya akan tersambung, dari kawasan Eropa, Pecinan, hingga ke Ampel. Kami juga berkolaborasi dengan teman-teman komunitas dan pegiat sejarah," kata dia. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS