PENUMPANG KAPAL SELAMA LEBARAN MENINGKAT EMPAT KALI LIPAT

Andri - Kamis, 12 Mei 2022 02:15 WIB
Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya

SURABAYA I halojatim.com - Pemakaian moda transportasi kapal laut masih diminati. Tak kalah dengan pesawat, bus, dan kereta api.

Pelindo Regional 3 pun mencatat peningkatan arus penumpang kedatangan maupun keberangkatan di sejumlah terminal wilayah itu sebanyak empat kali lipat dibanding Lebaran 2021. Yakni dari 53.186 orang menjadi sekitar 275 ribu orang di tahun 2022.

Regional Head 3 Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki kepada wartawan mengatakan peningkatan itu didominasi beberapa terminal penumpang utama, seperti Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. "Peningkatan ini karena adanya pelonggaran aturan berpergian, hal ini memberikan dampak yang cukup signifikan pada peningkatan jumlah arus penumpang di wilayah kami," kata Ardhy.

Ia mengatakan, peningkatan itu tercatat sejak dimulainya arus mudik Lebaran, yaitu 15 hari sebelum lebaran (H-15) hingga 7 hari setelah Lebaran (H+7). Meski mengalami peningkatan, kata dia, namun tidak menurunkan kualitas layanan di Pelindo Regional 3 dalam menjamin kelancaran dan kenyamanan para pemudik jalur laut.

Selain itu, Ardhy mengatakan pihaknya, telah mengantisipasi peningkatan itu dengan berkoordinasi berbagai pihak. Seperti kepolisian dan KSOP menyiapkan sejumlah Pos Pengaman Idul Fitri untuk menjamin kenyamanan, keamanan dan keselamatan penumpang.

Ardhy mengatakan antisipasi itu karena telah diprediksi sebelumnya akan terjadi peningkatan pada arus mudik dan balik Lebaran 2022. Sebelumnya, dalam rangka menjamin keamanan dan kelancaran arus mudik jalur laut, Pelindo Regional 3 telah menyiapkan berbagai fasilitas umum di 20 terminal penumpang di bawah kelolaannya, untuk menunjang kelancaran arus mudik 2022.

Sementara itu, Pelindo mengelola pelabuhan yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia, dan menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan. (*)

Tags #mudiklebaran2022Bagikan

RELATED NEWS