Pengangguran Mulai Serang Tiongkok, Mayoritas Orang Dewasa, Ini Angkanya

ifta - Senin, 28 Agustus 2023 11:14 WIB
Lapangan Kerja Sedikit, Kaum Muda Tiongkok (Ist)

Halojatim.com- Jumlah pengangguran di Tiongkok kini dianggap sangat mengkuatirkan.

Pengangguran ini banyak dialami oleh usia-usia produktif atau usia dewasa dalam bekerja.

Bahkan angka pengangguran di bulan Juni dianggap sebagai angka pengangguran tertinggi dibanding periode sebelumnya.

Biro Statistik Nasional China menyebutkan jika lebih dari satu dari 5 orang dewasa muda China yang mencari pekerjaan adalah pengangguran.

Dikutip dari Business Insider, sepanjang juni angka pengangguran mencapai tahap yang mengkwatirkan. Hal ini tentunya berdampak negatif terhadap perekonomian Tiongkok secara keseluruhan. Senin, 28 Agustus 2023.

“Tingkat pengangguran kaum muda di perkotaan meningkat hampir dua kali lipat sejak tahun 2019 dan terus meningkat,” kata Sun Xin, dosen di King’a College London.

Sun menyebutkan alasan fenomena ini adalah “lingkungan bisnis yang keras” terutama pengurangan perekrutan di perusahaan asing.

Sementara, sektor pemerintah tidak mampu menyediakan lapangan kerja yang cukup sesuai dengan harapan para lulusan.

Bulan Juli lalu, pejabat pemerintah Tiongkok tidak merilis data pengangguran kaum muda karena mereka sedang menilai ulang metodologinya.

Menurut The New York Times, kaum muda di China yang lulus dari perguruan tinggi belum dapat menemukan pekerjaan kerah putih yang mereka inginkan saat masih bersekolah.

The Times juga melaporkan bahwa di tengah krisis ini, para pemimpin Tiongkok meminta generasi muda untuk mengambil pekerjaan yang mungkin bukan impian mereka daripada tidak memiliki pekerjaan sama sekali.

Pemimpin Xi Jinping mendorong mereka untuk belajar bagaimana seharusnya menanggung kesulitan untuk membangun karakter bekerja.

Dikutip dari The Wall Street Journal, salah satu pencari kerja bernama Liu Xingyu merasa kesal karena orang-orang China yang lebih tua merasa generasinya “terlalu pilih-pilih”.

“Mereka bukan dari generasi kami, dan mereka tidak memahami kami, jadi pendapat mereka tidak terlalu berarti bagi kami,"kata Liu.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 28 Aug 2023

Bagikan

RELATED NEWS