PEMPROV JATIM SIAPKAN 54 KAPAL HADAPI LIBUR NATARU

Andri - Sabtu, 24 Desember 2022 20:25 WIB
Kapal penumpang disiapkan mengantisipasi melonjaknya penumpang selama Nataru

SURABAYA I halojatim.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur bersiap hadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Untuk itu. sebanyak 54 kapal laut telah disiapkan.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam keterangan tertulisnya mengatakan, 54 kapal laut itu disiagakan selama 22 hari, mulai 18 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. "Kami siagakan di beberapa pelabuhan, seperti Tanjung Perak Surabaya, Tanjung Wangi Banyuwangi, Pelabuhan Gresik dan Kalianget Sumenep," kata Khofifah.

Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim memprediksi jumlah penumpang moda laut musim liburan Natal dan Tahun Baru kali ini sebanyak 113.075 penumpang atau 5.140 penumpang per hari. Meningkat 128 persen dari periode yang sama tahun lalu, yakni total 49.705 penumpang atau 2.259 penumpang per hari.

Personel gabungan telah disiagakan untuk melancarkan arus penumpang di masa liburan Natal dan Tahun Baru menggunakan moda transportasi laut. Di antaranya dari Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) sebanyak 1.139 personel, Otoritas Pelabuhan 59 personel, Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya 48 personel, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan 157 personel, Unit Penyelenggara Pelabuhan 25 personel, Badan Keamanan Laut 31 personel, dan Polisi Air 48 personel.

Khofifah meminta agar pihak terkait dalam hal ini Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk meningkatkan koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kaitannya dengan update kondisi cuaca atau tinggi gelombang. Berdasarkan informasi dari BMKG, pada 23-25 Desember 2022 diperkirakan ada peningkatan gelombang antara 2,5 - 4 meter, terutama di daerah Masalembu, Bawean, Sapudi dan Kangean. Sehingga kemungkinan ada penundaan keberangkatan kapal laut ke beberapa daerah tujuan.

"Kewaspadaan perlu terus dilakukan untuk memastikan keselamatan dan keamanan dalam proses pelayaran agar para penumpang selamat dan lancar sampai tujuan," kata dia. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS