PEMKAB JEMBER BAGIKAN 10 TON PUPUK ORGANIK

Andri - Jumat, 05 April 2024 06:50 WIB
Bupati Jember Hendy Siswanto menyerahkan sebanyak 10 ton pupuk organik "Si Jempol" kepada petani yang berada di Kelurahan Wirolegi, Kecamatan Sumbersari

JEMBER I halojatim.com – Petani di Kabupaten Jember layak bersyukur. Pemerintah daerahnya mulai menyalurkan pupuk organik hasil pabrik yang dikelola oleh pemerintah daerah setempat kepada para petani secara gratis dalam kegiatan Jember Bershodaqoh di Kelurahan Wirolegi.


Bupati Jember Hendy Siswanto menyerahkan sebanyak 10 ton pupuk organik "Si Jempol" kepada petani yang berada di Kelurahan Wirolegi, Kecamatan Sumbersari. "Alhamdulillah beberapa hari kemarin pupuk yang kami berikan hasilnya bagus dan kami coba lagi," kata Hendy.

Katanya, pupuk organik yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Jember secara gratis adalah produksi dari Pabrik Pupuk Organik Si Jempol yang sudah dilakukan pemakaian oleh petani-petani Jember dan hasilnya sampai saat ini cukup bagus. Hendy mengatakan, uji coba itu tidak bisa dipastikan sampai kapan karena harus dilakukan riset-riset secara terusan dan harapannya 1 hektare bisa menghasilkan 8 ton padi.


"Saat ini masih terkendala karena tanah di Jember banyak mengandung kimia, sehingga tanahnya tidak bagus dan kami melakukan recovery dengan pupuk organik Si Jempol," katanya.


Dia berharap dengan adanya pemulihan tanah dengan menggunakan pupuk organik, maka nantinya kualitas tanah lahan pertanian bisa lebih baik dan tentunya disertai dengan hasil panen yang melimpah. Penggunaan pupuk organik bertujuan untuk mengubah pola ketergantungan petani pada pupuk kimia.

‘’Pupuk organik dapat memulihkan unsur hara tanah dan memperbaiki kualitas hasil panen," katanya.


Pabrik pupuk itu mulai beroperasi pada akhir Desember 2023 dan mampu memproduksi pupuk organik sekitar 8 ton per jam atau sekitar 50-60 ton setiap harinya. Sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pupuk petani di Jember. "Berdirinya pabrik pupuk itu adalah komitmen Pemkab Jember agar petani berhasil dalam pertaniannya dan membuat para petani sejahtera," katanya. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS