Pemilu 2024 Tidak Berpengaruh ke Dompet? Ini Kata Riset

Asih - Jumat, 15 Desember 2023 19:29 WIB
Ilustrasi Pemilu 2024

JAKARTA| halojatim.com - Riset dari salah satu perusahaan pembiayaan berbasis teknologi di Indonesia, Home Credit Indonesia mengungkapkan sebagian besar responden memperkirakan momentum Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tidak akan mempengaruhi kondisi finansial individu.

"Riset ini mengungkapkan bahwa 83 persen responden memperkirakan momen Pemilu 2024 tidak akan berdampak terhadap kondisi finansial individu," ujar Chief Marketing and Digital Officer Home Credit Sheldon Chuan dalam keterangan resmi pada Jumat, 15 Desember 2023 di Jakarta.

Riset yang dilakukan oleh Home Credit pada November 2023 melibatkan lebih dari 2.000 responden. Hasilnya menunjukkan 10 persen dari mereka memperkirakan perbaikan kondisi finansial, sementara tujuh persen memperkirakan penurunan kondisi finansial.

Dalam penelitian yang sama, 37 persen dari responden menyatakan memiliki rencana untuk membuka usaha baru atau mengembangkan bisnis yang sudah dimiliki pada tahun 2024. Selain itu, 15 persen dari responden memiliki rencana untuk membeli perangkat seperti smartphone atau gadget.

Sebanyak 13 persen responden menyatakan rencana untuk berlibur ke luar kota, 11 persen berencana membeli peralatan elektronik rumah tangga, dan 10 persen ingin membeli furniture. Selain itu, delapan persen dari responden berencana untuk membeli laptop atau komputer.

Masyarakat dalam memenuhi beragam kebutuhan menyiapkan berbagai sumber dana yang beragam pula. Contohnya, dalam pembelian smartphone, sebanyak 62 persen responden memilih menggunakan gaji bulanan, diikuti oleh pembiayaan barang sebanyak 36 persen, dan tabungan sebanyak 25 persen.

Pilihan sumber dana yang hampir serupa juga diadopsi oleh responden untuk kebutuhan lainnya, seperti peralatan elektronik rumah tangga, furnitur, hingga laptop atau komputer. Pembiayaan barang muncul sebagai salah satu pilihan utama ketika mereka berbelanja.

Sumber dana yang akan dipilih oleh responden di tahun 2024 akan disesuaikan dengan kondisi keuangan mereka dan tujuan finansial. Salah satu responden menyatakan layanan pembiayaan barang dengan metode cicilan menjadi alternatif untuk mengelola aliran kas keuangan pribadi dalam memenuhi berbagai kebutuhan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 15 Dec 2023

Editor: Asih

RELATED NEWS