PASTIKAN SEKOLAH AMAN BUAT BELAJAR SELAMA MUSIM HUJAN

Andri - Sabtu, 08 Oktober 2022 22:30 WIB
Kota Surabaya mulai diguyur hujan memasuki bulan Oktober

SURABAYA I halojatim.com - Pelajar di Kota Surabaya bisa tenang di sekolah. Semua bangunan sekolah di daerah itu layak dan aman untuk kegiatan belajar mengajar memasuki musim hujan kali ini

"Sekali lagi saya ingatkan pastikan gedung untuk kegiatan belajar mengajar aman dan nyaman," kata dia Wakil Wali Kota Surabaya Armuji.

Dia meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Surabaya mengimbau seluruh sekolah agar mengecek kondisi bangunan guna memastikan. Supaya gedung sekolah aman terlebih pada awal Oktober hujan mulai turun.

Hingga saat ini, di Surabaya memiliki 63 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) dan 302 Sekolah Dasar Negeri (SDN). Belum lagi sekolah yang di kelola oleh pihak swasta.

Selain itu, Armuji juga meminta Dinas Pendidikan untuk mengecek kondisi ruang kelas. Di antaranya bangunan yang rawan mengalami kerusakan adalah bagian atap termasuk penyangga atap yang rawan lapuk dimakan usia.

"Jangan sampai ada kejadian yang tidak diinginkan. Dua tahun lalu anak-anak sekolah daring karena pandemi dan saat ini sudah secara luring," kata dia.

Apabila menemukan bangunan yang sudah rapuh atau tidak layak, Armuji meminta agar segera melaporkan ke Dinas Pendidikan Surabaya. Sehingga dapat dialokasikan anggaran untuk perbaikan ruang kelas.

Kata dia, dalam penyelenggaraan pendidikan selain aspek pengajar dan tenaga pendidik, sarana prasaran perlu diperhatikan. "Tetapi saya harap di Surabaya untuk pemeliharaan bangunan sekolah bisa berjalan dengan baik," kata Armuji.

Pemkot Surabaya berkewajiban memberikan jaminan penyelenggaraan pendidikan jenjang SD-SMP bagi warga Surabaya. Dia juga mendorong kepala sekolah juga proaktif untuk mendukung visi pembangunan Kota Surabaya. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS