PASCAPANDEMI, KONSUMSI LISTRIK DI JATIM NAIK

Andri - Selasa, 26 Juli 2022 20:20 WIB
Ilustrasi pemasangan aliran listrik

SURABAYA I halojatim.com - Konsumsi listrik di wilayah setempat pada semester I/2022 tumbuh. PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jatim mencatat 2,41 persen, dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021, karena adanya pemulihan perekonomian pascapandemi.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran, mengatakan, pertumbuhan didukung golongan tarif industri yang mengalami peningkatan sebesar 5,08 persen, dibanding Juni 2021. Sementara golongan tarif bisnis mengalami pertumbuhan sebesar 8,23 persen.

"Hingga Juni 2022 konsumsi energi listrik mencapai 19.858 GWh, dimana pertumbuhan terbesar sebesar 9,18 persen oleh UP3 Mojokerto, disusul 8,47 persen oleh UP3 Pasuruan," kata Lasiran.

Lasiran menyebut, pertumbuhan konsumsi listrik ini merupakan sinyal positif geliat ekonomi sudah mulai berjalan, dan cenderung mengalami peningkatan produktifitasnya. Sebab, hal ini, kata dia, ditandai dengan peningkatan penggunaan listrik sebagai salah satu komponen utama dalam operasional.

Ia mengatakan, saat ini PLN juga menggiatkan electrifying lifestyle atau gaya hidup elektrik melalui penggunaan kendaraan listrik, kompor induksi dan membangun komunitas EV (PLN, mitra kerja dan masyarakat). "Peningkatan pelanggan premium pun turut menyumbang peningkatan konsumsi energi listrik. Hingga Juli 2022, tercatat 1.114 pelanggan telah menggunakan layanan premium. Keuntungan yang dimiliki layanan premium adalah keandalan tinggi dan Tingkat Mutu Pelayanan (TMP) yang lebih baik," katanya.

Ia mencatat, beberapa pelanggan premium baru yang menyumbang peningkatan konsumsi energi listrik. Salah satunya adalah dari PLN UP3 Malang, yang telah menandatangi tiga Layanan sekaligus. (*)

Editor: Andri
Tags #konsumsilistrikplnBagikan

RELATED NEWS