PASAR TURI HIDUP LAGI SETELAH 15 TAHUN TERBENGKALAI

Andri - Selasa, 22 Maret 2022 16:30 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menghadiri tasyakuran peresmian Pasar Turi Baru

SURABAYA I halojatim.com - Pasar Turi Surabaya sempat terbengkalai lama. Padahal, pasar tersebut dulunya menjadi salah satu pusat perbelanjaan kain terbesar di Indonesia timur. Penyebabnya kebakaran yang terjadi 15 tahun lalu.

Namun, kebangkitan Pasar Turi akan kembali datang. Seiring dengan dibukanya kembali tempat tersebut oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

"Semua pedagang yang ada di TPS (tempat penampungan sementara) dan namanya masuk ke dalam data Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag), semuanya harus masuk tanpa terkecuali," kata Eri saat pembukaan Pasar Turi Baru di Jalan Pasar Turi, Jepara, Kecamatan Bubutan, Surabaya, Senin.

Pembukaan Pasar Turi Baru itu diawali dengan menggelar pengajian dan tasyakuran bersama para pedagang Pasar Turi Baru di halaman Pasar Turi Baru. Dalam doa bersama itu, hadir semua koordinator pedagang Pasar Turi beserta para anggotanya.

Prosesi pembukaan Pasar Turi Baru itu juga ditandai dengan pemotongan untaian melati yang didampingi oleh para ulama, pihak investor sekaligus pengelola Pasar Turi Baru PT Gala Bumi Perkasa, dan juga semua koordinator pedagang Pasar Turi Baru. Pada kesempatan itu, Eri mengatakan bahwa pada Senin ini, para pedagang harus masuk semuanya ke gedung Pasar Turi Baru. Pemindahan barang pedagang itu akan dibantu oleh jajaran Pemkot Surabaya, dan selanjutnya TPS akan dibongkar.

Eri mengatakan dalam membangun sesuatu harus ada gotong royong dan kekeluargaan, sehingga yang kaya bisa membantu yang lemah. Bahkan, dalam Islam pun ada infaq dan sodaqoh. Ketika seseorang memiliki kelebihan harta, harus memberikan infaq dan sodaqoh, karena sebagian rejeki kaum dhuafa itu dititipkan kepada yang kaya itu.

Sementara itu, General Manager Pasar Turi Baru Teddy Supriyadi menyampaikan terima kasih banyak kepada Wali Kota Eri karena sudah meluangkan waktunya untuk membuka Pasar Turi Baru. Ia menjelaskan bahwa hari ini adalah momentum relokasi pedagang pasar turi, terutama yang ada di TPS untuk pindah ke dalam gedung Pasar Turi Baru.

"Insya Allah komitmen dari semua elemen pedagang bersama-sama berkomitmen untuk mulai masuk dan menata barang dagangannya di Pasar Turi Baru ini. Hingga saat ini sudah banyak yang melakukan serah terima kunci dan sudah bersiap berjualan di dalam Pasar Turi Baru," katanya. (*)

RELATED NEWS