PASAR SURABAYA TERAPKAN PEMBAYARAN DIGITAL

Andri - Rabu, 29 September 2021 06:35 WIB
l

Pembayaran berbasis digital bukan hanya milik pasar modern. Di Surabaya, sistem tersebut sudah diterapkan di pasar tradisional. Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya Kota Surabaya ingin memberikan kemudahan layanan kepada pedagang.

Direktur Keuangan PD Pasar Surya Kota Surabaya Sutjahjo mengatakan pembayaran berbasis digital seperti halnya iuran layanan pasar (ILP) akan dilakukan dengan sistem nontunai menggantikan cara manual dengan setoran tunai yang selama ini masih diterapkan. "Telah ditandatangani MoU antara PD Pasar dengan BNI terkait ILP yang dapat dibayarkan secara daring," kata Sutjahjo.

Ia mengatakan selama ini pembayaran ILP dari pedagang ke PD Pasar Surya masih dilakukan secara tunai. Dengan beralihnya ke sistem pembayaran daring, diharapkan mampu memberikan pelayanan prima kepada pedagang.

Pedagang, kata Sutjahjo, tidak perlu membayar tunai. Bahkan, pedagang dapat melakukan pembayaran dari mana saja dan kapan saja.

"Setiap saat, setiap waktu. Bahkan di rumah pun pedagang bisa melakukan pembayaran. Misalnya, menggunakan internet banking, mobile banking, ATM, atau produk pembayaran yang lain," katanya.

Selain itu, Sutjahjo juga mengatakan, dengan adanya pembayaran digital ini, maka bakal mengoptimalisasikan pendapatan bagi PD Pasar Surya. Sebab ILP yang disetor pedagang, bakal langsung masuk ke rekening badan usaha milik daerah (BUMD) milik Pemkot Surabaya ini. (*)

RELATED NEWS