Ortu Tak Perlu Panik, Kabar Penculikan Anak dan Balita di Jember dan daerah Lain Itu Hoaks

ifta - Jumat, 03 Februari 2023 11:28 WIB
Ortu Tak Perlu Panik, Kabar Penculikan Anak dan Balita di Jember Itu Hoaks

Jember, Halojatim.com- Dalam sebulan terakhir ini kabar mengenai penculikan anak dan balita di Jember ramai beredar dari mulut ke mulut.

Pemicunya adalah adanya informasi penculikan yang dimulai dari kiriman pesan di media sosial hingga ke antarpengguna WhatsApp (WA).

Terkait dengan hal ini, kepolisian setempat telah memastikan jika informasi penculikan anak di Jember itu hanyalah hoaks.

Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo mengatakan tidak ada kasus penculikan anak-anak balita dan siswa seperti yang ramai di sejumlah media sosial.

"Kami pastikan bahwa di Jember tidak ada aksi penculikan terhadap anak-anak balita, dan anak-anak usia sekolah seperti informasi di sejumlah media sosial, karena di Jember sejauh ini aman dan kondusif," kata AKBP Hery Purnomo di Mapolres Jember, dilansir dari Antara pada Jumat (3/2).

Kapolres mengimbau masyarakat khususnya orang tua (ortu) untuk tidak panik terkait dengan isu penculikan anak yang tersebar di sejumlah grup WhatsApp dan media sosial.

"Saya minta masyarakat untuk berhati-hati terkait dengan isu yang saat ini beredar masalah penculikan anak karena isu itu tidak hanya terjadi di Jember, tetapi di beberapa daerah lain juga sama," tuturnya.

Ia memandang perlu masyarakat memahami bersama agar tidak tersesat dengan informasi hoaks yang sengaja disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Masyarakat tidak perlu takut dan resah secara berlebihan. Apabila mendapatkan informasi terkait dengan isu penculikan anak, mohon dicek kebenaran informasi tersebut sebelum membagikan informasi itu kepada orang lain," katanya. ***

RELATED NEWS